DP3 Balikpapan Ikut Berpartisipasi Laksanakan Gerakan Pangan Murah Serentak Nasional, di Kantor DP3 Balikpapan, Senin (26/6/2023)
Kabar Ibu Kota

DP3 Balikpapan Ikut Berpartisipasi Laksanakan Gerakan Pangan Murah Serentak Nasional

  • IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah pusat melalui Badan Pangan Nasional telah menginstruksikan pelaksanaan Gerakan Pangan Murah (GPM) secara serentak
Kabar Ibu Kota
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah pusat melalui Badan Pangan Nasional telah menginstruksikan pelaksanaan Gerakan Pangan Murah (GPM) secara serentak nasional. Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan turut berpartisipasi aktif untuk menyelenggarakan kegiatan ini di tingkat kabupaten/kota dalam bentuk pasar murah.

Adapun, kegiatan GPM ini merupakan wujud kehadiran pemerintah dalam mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pangan menjelang hari besar keagamaan, yaitu Iduladha yang akan diperingati dalam beberapa hari mendatang.

"Biasanya, kalau masa (mendekati) hari besar keagamaan, seperti lebaran Idulfitri dan Iduladha harga bahan (komoditas) melonjak. Khususnya, yang berkaitan dengan protein hewani seperti ayam dan telur," terang Sri Wahjuningsih, Kepala DP3 Kota Balikpapan kepada ibukotakini.com, Senin (26/6/2023).

Dari fakta yang biasa terjadi menjelang hari raya keagamaan, Badan Pangan Nasional yang juga memiliki fungsi pada pengendalian harga bahan pangan telah menginstruksikan GPM ini digelar di sejumlah 341 titik yang tersebar di 300 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Termasuk Kota Balikpapan.

Namun begitu, komoditas yang diperjual-belikan dalam pasar murah ini secara keseluruhan memang berupa hasil tani, ternak, perikanan maupun olahannya.

"Ini melibatkan hasil pertanian, nelayan atau perikanan dan peternakan, serta UMKM lokal atau produk olahannya,"jelasnya.

BACA JUGA:

Sesuai dengan tajuk dan konsep yang diimplementasikan, yakni pasar murah. Sehingga, harga komoditas pangan yang dijual dalam kegiatan ini tentu dibawah harga pasaran.

"Harganya kita kerja sama dengan distributor, dibawah harga pasar. Masyarakat bisa memanfaatkan dua hari (26 dan 27 Juni 2023) ini untuk berbelanja dengan bijak sesuai kebutuhan," ungkapnya.

DP3 juga bekerja sama dengan Bank Indonesia, Bulog Kaltimtara, Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani), dan pelaku UMKM lokal, khususnya di bidang pangan.

Selain pasar murah, DP3 Balikpapan juga menyediakan 100 dosis vaksin anti rabies untuk hewan peliharaan masyarakat seperti, kucing, anjing maupun kera secara gratis.

"Dengan kuota 100 dosis dalam sehari ini," pungkasnya.

Sementara itu, turut berkontribusi dalam penyelenggaraan GPM di halaman kantor DP3 ini, Perum Bulog Kaltimtara juga menyambut baik dan mendukung penuh langkah konkrit pemerintah dalam mengantisipasi lonjakan harga bahan pangan.

"Kita support kegiatan ini, karena sangat membantu masyarakat. Lebih menjangkau sampai ke titik wilayah tinggal masyarakat," ujar Manager Supply Chain dan Pelayanan Publik (SCPP) Perum Bulog Kaltimtara, Mardi Haryanto.

Lebih lanjut, ia berharap kegiatan serupa dapat diselenggarakan secara rutin dan menjangkau masyarakat yang berada pada titik terjauh dari pusat kota.

"Semoga gerakan ini bisa lebih sering lagi atau rutin dilakukan. Saya lihat antusias warga juga luar biasa, karena harganya memang sangat terjangkau," imbuhnya.

"Kita (di sini) ada beras etam (kualitas premium), beras SPHP (kualitas medium), gula pasir, daging ayam, dan tepung," tutupnya. ###