DPMD PPU Dorong Desa Alokasikan Dana Desa untuk Dukungan UMKM
Penajam

DPMD PPU Dorong Desa Alokasikan Dana Desa untuk Dukungan UMKM

  • Beberapa desa di PPU, seperti Desa Sekar Buen, telah berhasil memanfaatkan potensi lokal melalui produk-produk UMKM yang mulai diminati pasar, termasuk dari kawasan IKN.
Penajam
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PENAJAM – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Penajam Paser Utara (PPU) terus mendorong desa-desa di wilayahnya untuk mengalokasikan dana desa guna mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) setempat. Hal ini dianggap penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Kepala DPMD PPU, Tita Deritayati, menegaskan bahwa desa perlu memanfaatkan potensi UMKM dalam mendukung berbagai program pemerintah. Dukungan tersebut diharapkan mampu membantu UMKM desa dalam meningkatkan kapasitas, kualitas produk, dan memperluas akses pasar, terutama di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Nah, itu kita sudah pesan tas dari Sekar Buen. Jadi, kita sudah memanfaatkan UMKM yang ada di desa. Di IKN, kita sudah banyak permintaan, bahkan tim dari Sekar Buen kewalahan,” ungkap Tita dalam wawancara baru-baru ini.

Tita menjelaskan bahwa beberapa desa di PPU, seperti Desa Sekar Buen, telah berhasil memanfaatkan potensi lokal melalui produk-produk UMKM yang mulai diminati pasar, termasuk dari kawasan IKN. 

Produk seperti tas dan kerajinan lainnya kini tidak hanya memenuhi kebutuhan lokal, tetapi juga mulai dipasarkan ke wilayah lain. Ini berkat promosi pemerintah dan kolaborasi dengan berbagai pihak.

BACA JUGA:

Meski demikian, UMKM di desa masih menghadapi tantangan dalam menjaga kualitas produk di tengah meningkatnya permintaan. 

"Memang kalau di IKN, kita sudah banyak permintaan, malah tim dari Sekar Buen kewalahan," tambahnya.

Tantangan tersebut menunjukkan betapa pentingnya alokasi dana desa yang tepat untuk mendukung UMKM. Dana desa tidak hanya diperuntukkan bagi pembangunan fisik seperti infrastruktur, tetapi juga harus mencakup sektor ekonomi lokal yang memiliki potensi besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

DPMD PPU telah memberikan panduan kepada desa-desa agar mengalokasikan sebagian dana desanya untuk mendukung pengembangan UMKM. 

"Harus ada kepedulian dari desa. Mereka harus mengalokasikan dana desanya untuk menunjang potensi desanya itu," tutup Tita. (Adv/Diskominfo PPU)