DPPP Balikpapan Pastikan Hewan Kurban Aman Dikonsumsi Masyarakat
Balikpapan

DPPP Balikpapan Pastikan Hewan Kurban Aman Dikonsumsi Masyarakat

  • Pemeriksaan kesehatan hewan kurban ini dilakukan sebagai bagian dari upaya DP3 Kota Balikpapan untuk memastikan keamanan dan kesehatan daging kurban yang dikonsumsi oleh masyarakat.
Balikpapan
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN - Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan bersama Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Kaltim dan PDHI Balikpapan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di beberapa lokasi penyembelihan yang tersebar di kota Balikpapan. Pemeriksaan ini dilakukan sejak tanggal 17 Juni 2024 hingga 19 Juni 2024 mendatang.

Menurut Kepala DP3 Kota Balikpapan, Sri Wahyuningsih, data hasil monitoring kesehatan hewan kurban tersebut akan terus diperbarui berdasarkan hasil inputan tim di lapangan. 

"Hingga hari ini, kami telah melakukan pemeriksaan di beberapa lokasi penyembelihan dan secara umum hewan kurban yang dijual di Balikpapan dalam kondisi sehat," ujar Sri Wahyuningsih pada Selasa 18 Juni 2024.

BACA JUGA:

Namun, Sri Wahyuningsih juga menyampaikan bahwa timnya menemukan beberapa kasus cacing pita pada hati hewan kurban saat dilakukan pemeriksaan. 

"Tim kami telah memberikan edukasi kepada panitia penyelenggara penyembelihan hewan kurban di lokasi terkait langkah-langkah yang harus dilakukan jika menemukan cacing pita pada hati hewan kurban," jelas Ibu Sri Wahyuningsih.

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban ini dilakukan sebagai bagian dari upaya DP3 Kota Balikpapan untuk memastikan keamanan dan kesehatan daging kurban yang dikonsumsi oleh masyarakat. 

"Kami ingin memastikan bahwa hewan kurban yang dibeli dan dikonsumsi oleh masyarakat Balikpapan aman dan terbebas dari penyakit," kata Sri Wahyuningsih.

Sri Wahyuningsih mengimbau kepada masyarakat untuk membeli hewan kurban di tempat yang resmi dan telah mendapatkan pemeriksaan kesehatan dari dokter hewan. 

"Masyarakat juga dapat melihat surat edaran Wali Kota Balikpapan yang memuat daftar peternakan yang menjual hewan kurban sehat," imbuh Ibu Sri Wahyuningsih. 

Sebelumnya, DP3 Balikpapan juga terus melakukan pemantauan pada hewan kurban yang dijual oleh pedagang. Di antaranya dengan melihat dan memeriksa hewan kurban. Apabila layak dijual untuk hewan kurban Pemkot Balikpapan memberikan tanda stiker. ***