Ardiansyah
Balikpapan

DPRD Balikpapan Berharap Pelaksanaan PPDB Berjalan Sesuai Aturan

  • Tahun ini sudah ada sekolah negeri yang baru selesai dibangun yakni Sekolah Terpadu yang berada di Perumahan Regency, sehingga ini dapat terakomodir dengan baik.
Balikpapan
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan, Ardiansyah berpesan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mengikuti sesuai aturan yang telah diterapkan.

"Kalau memang mengikuti sistem zona, ya ikuti saja. Yang penting bagi saya, jangan sampai kejadian kayak yang sudah-sudah, misalnya ada zona yang sudah masuk tetapi tidak diterima," jelasnya kepada awak media pada Selasa 4 Juni 2024.

Ardiansyah berharap semua sistem atau aturan bisa diikuti secara baik dan bersama-sama, baik dinas sebagai pelaksana PPDB maupun para orang tua.

Tahun ini sudah ada sekolah negeri yang baru selesai dibangun yakni Sekolah Terpadu yang berada di Perumahan Regency, sehingga ini dapat terakomodir dengan baik, dan bisa meminimalisir permasalahan peserta didik yang ingin masuk ke sekolah negeri.

BACA JUGA:

"PPDB dapat berjalan dengan baik sesuai dengan aturan dan orang tua bisa senang, anak-anaknya bisa keterima di sekolah negeri," ungkapnya.

Meskipun memang, masih belum mencukupi mengakomodir kelulusan tingkat SD dengan kapasitas sekolah SMPN yang ada di Kota Balikpapan. Kendati demikian, sekolah swasta juga sangat baik. Anak-anak tidak harus bersekolah di sekolah negeri.

"Nggak semua bisa diterima. Pengalaman saya, sekolah swasta tidak ada masalah. Anak saya sekolah di swasta bisa saja belajar dengan baik. Itu semua tergantung anak didik," terangnya.

Politisi PPP berharap sekolah swasta bisa meningkatkan sistem belajar mengajar lebih baik, agar bisa bersaing dengan sekolah negeri. Artinya, bisa meningkatkan kualitas guru maupun tempat belajar mengajarnya. "Saya rasa, siswa bisa belajar dengan baik sudah luar biasa. Sekolah negeri dan swasta semuanya baik," jelasnya.

Para orang tua bisa mengubah cara pandang, bahwa anak-anak yang tidak di terima sekolah negeri untuk tidak berkecil hati karena sekolah swasta itu juga baik. Pemerintah Kota Balikpapan, juga telah memberikan bantuan bagi peserta didik di sekolah swasta. 

"Tidak perlu berkecil hati. Yang penting itu kita sekolah, jangan sampai putus sekolah. Jangan sampai tidak masuk negeri tidak sekolah," tegasnya. (Adv/DPRD Balikpapan)