Wakil Ketua DPRD Balikpapan, Budiono
Advertorial

DPRD Balikpapan Setujui Rencana Penanganan Sampah Melalui Skema KPBU

  •   IBUKOTAKINI.COM – Rencana Pemerintah Kota Balikpapan menggandeng swasta dalam mengelola tempat pemrosesan akhir (TPA) sampah Manggar, didukung Dewan
Advertorial
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Rencana Pemerintah Kota Balikpapan menggandeng swasta dalam mengelola tempat pemrosesan akhir (TPA) sampah Manggar, didukung Dewan Perwakkilan Rakyat Daerah (DPRD) 

Wakil Ketua DPRD Balikpapan Budiono menyambut baik Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), agar penanganan sampah semakin baik. 

Pernyataan ini disampaikan Budiono, Kamis 91/12/2022), menyusul pertemuan antara pemerintah daerah dengan perwakilan Kementerian Keuangan, baru-baru ini.  

“Pertimbangannya karena lahan di Kota Balikpapan untuk memproses sampah sangat terbatas. Apalagi beberapa tahun ke depan pasti akan ada penambahan timbulan sampah,” kata Budiono menanggapi High Level Meeting dengan agenda membahas dukungan stakeholder dalam rangka keberhasilan proyek KPBU Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Manggar yang digelar Rabu (26/10/2022).

Apalagi dengan adanya Ibu Kota Negara (IKN) dan Balikpapan sebagai beranda IKN, penduduk di Kota Balikpapan akan melonjak dan berdampak pada sampah yang dihasilkan.

Maka, Kementerian Keuangan RI beserta dua perusahaan BUMN akan berinvestasi dengan Pemkot Balikpapan, untuk menangani  permasalahan sampah sejak dini.

“Ke depannya akan dikerjasamakan Pemkot Balikpapan dengan KPBU tadi. Ini kerjasama yang baik dan kita menyambut baik investasi perusahaan BUMN itu,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Balikpapan.

Budiono mengatakan, Kementerian Keuangan RI beserta tim dan seluruh stakeholder yang hadir akan meninjau langsung penanganan sampah di TPA Manggar Kota Balikpapan.

Pemaparan dari Dinas Lingkungan Hidup Balikpapan bahwa estimasi empat sampai lima tahun TPA Manggar akan penuh. Tentunya, ini harus segera diantisipasi.

Seperti diketahui, Kota Balikpapan dalam hal kebersihan sudah banyak mengantongi penghargaan baik kancah nasional maupun internasional. Untuk itu, prestasi atas inovasi yang telah diraih akan terus dipertahankan dan lebih ditingkatkan. 

TPA Manggar Kota Balikpapan menghasilkan banyak manfaat diantaranya sebagai tempat wisata dan edukasi, penghasil gas metana yang dapat dinikmati warga setempat termasuk digunakan sebagai bahan bakar PLTU. Bahkan, TPA Manggar yang dilaunching Presiden RI menjadi TPA terbaik di Indonesia. ###