Parlindungan Sihotang Anggota Komisi IV DPRD Balikpapan
Advertorial

DPRD Balikpapan Usulkan Pembangunan Puskesmas di Kelurahan Sungai Nangka

  • IBUKOTAKINI.COM - Masih dalam lingkup daerah pemilihannya (Dapil), Parlindungan Sihotang Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPR
Advertorial
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Masih dalam lingkup daerah pemilihannya (Dapil), Parlindungan Sihotang Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan mengusulkan pembangunan Puskesmas di Kelurahan Sungai Nangka, Kecamatan Balikpapan Selatan.

Hal ini bahkan telah diajukannya sejak 2020 lalu. Sebab, pada masa itu, pandemi Covid-19 masih cukup masif tersebar di sekitar wilayah tersebut.

“Kemarin pas Covid-19 itu terasa sekali, bagaimana warga ini ingin berobat saja harus ke Puskesmas Gunung Bahagia,” ucapnya ketika ditemui baru-baru ini.

Selain jarak yang cukup jauh, cakupan kerja Puskesmas Gunung Bahagia juga cukup luas. Sehingga, masyarakat pun harus mengantre cukup panjang untuk bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Hampir semua warga itu mengusulkan untuk dibuatkan Puskesmas di Sungai Nangka,” katanya.

BACA JUGA:

Hal ini diakuinya sebagai salah satu keluhan dari warga masyarakat pada saat Parlindungan menggelar reses di sekitar Kelurahan Sungai Nangka beberapa waktu lalu.

Ia juga menyampaikan, pembangunan memang terkendala dengan lahan. Belum ada lahan yang dinilai tepat untuk mendirikan Puskesmas di sekitar wilayah tersebut.

“Kita masih mencari lahan untuk Sungai Nangka kira-kira di mananya,” ujarnya.

“Sebenarnya, di Sepinggan Raya perbatasan dengan Sungai Nangka itu ada Puskesmas Pembantu. Kalau itu dimungkinkan untuk diambil alih untuk dijadikan Puskesmas Sungai Nangka, mungkin itu bisa ditingkatkan (kapasitas pelayanan) itu,” tambahnya jelas.

Meski begitu, harus ada proses serah terima dari pihak Kelurahan Sepinggan Raya kepada Kelurahan Sungai Nangka terlebih dahulu. “Karena, itu masuk wilayah Sepinggan Raya,” pungkasnya. ###