Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Kutai Timur, Ramadhani.
Kabar Ibu Kota

DPRD Kutai Timur Dorong Peningkatan Akses Pariwisata

  • KUTAI TIMUR – Peningkatan akses ke destinasi wisata Kabupaten Kutai Timur terus dilakukan. Salah satunya dengan menyoroti anggaran untuk
Kabar Ibu Kota
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

KUTAI TIMUR, IBUKOTAKINI.COM – Peningkatan akses ke destinasi wisata Kabupaten Kutai Timur terus dilakukan. Salah satunya dengan menyoroti anggaran untuk sektor tersebut.

Hal ini disampaikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur (Kutim), Ramadhani, pada Kamis, 9 November 2023. 

Ia menyebut peningkatan akses ke destinasi bukan hanya sekitar Kutim, melainkan memperjuangkan peningkatan akses ke Taman Nasional Kutai (TNK) dan sektor pariwisata lainnya. 

“Saat ini telah mengajukan usulan kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) untuk memastikan infrastruktur jalan yang memadai,” katanya menanggapi pembangunan sektor pariwisata.

Ketidakseimbangan anggaran di wilayah tersebut juga disampaikannya. Dirinya mengaku prihatin tentang pembagian anggaran yang tidak sesuai dengan kebutuhan yang sebenarnya. 

"Hal ini telah memicu perdebatan dalam rapat komisi DPRD," ungkapnya. 

BACA JUGA:

Pada kesempatan yang sama, Ramadhani mengungkapkan keterbatasan dalam mewujudkan usulan yang diajukan. 

"Meskipun anggota DPRD dapat mengajukan usulan di Badan Anggaran (Banggar), realisasi usulan tersebut tetap berada di bawah kendali Tim Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (TAPD)," urainya.

Selain itu, Ramadhani juga menyoroti urgensi peningkatan akses ke destinasi pariwisata. Ia berpendapat bahwa infrastruktur jalan yang memadai sangat penting untuk mendukung perkembangan sektor pariwisata Kutai Timur, termasuk Taman Nasional Kutai (TNK) dan tempat wisata lainnya. 

"Saya sudah sampaikan dan meminta dukungan dari Dinas PU dan Perkim untuk mewujudkan proyek ini," ujarnya.

Ramadhani menekankan pentingnya kolaborasi antara DPRD, Dinas PU, Perkim, dan instansi terkait lainnya untuk mencapai tujuan tersebut. 

"Kita berkomitmen untuk terus memperjuangkan perbaikan akses pariwisata dan perbaikan ketidakseimbangan anggaran demi kemajuan Kutai Timur," pungkasnya. (Adv)