Ketua Komisi III DPRD Kota Balikpapan Alwi Al Qodri
Kabar Ibu Kota

DPRD Soroti Pengerjaan Waduk Telaga Sari yang Lambat

  • IBUKOTAKINI.COM - Proyek perbaikan Waduk Telaga Sari mendapat perhatian DPRD Kota Balikpapan. Pasalnya, sudah berbulan-bulan, proyek yang masuk dalam penanganan
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM - Proyek perbaikan Waduk Telaga Sari mendapat perhatian DPRD Kota Balikpapan. Pasalnya, sudah berbulan-bulan, proyek yang masuk dalam penanganan bencana itu, tak kunjung tuntas.

Pemerintah Kota Balikpapan telah menunjuk kontraktor pelaksana pekerjaan ini, yang sepenuhnya pembiayaan melalui skema Dana Tidak Terduga (DTT).

 Ketua Komisi III DPRD Kota Balikpapan Alwi Al Qodri mengatakan, pelaksanaan proyek dengan skema DTT punya batas waktu. 

"Kami akan memantau pengerjaan proyek itu untuk memastikan pekerjaan tepat waktu," katanya, Jumat (25/2/2022).

DPRD, kata Alwy menjadwalkan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi proyek  untuk melihat langsung perkembangan   perbaikan Waduk Telaga Sari. 

Waduk yang terletak di pusat Kota Balikpapan itu telah dikerjakan sejak kepemimpinan Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi.

“Nanti kita akan coba melihat bagaimana perkembangannya. Karena mungkin pasti ada masalah juga. Tentunya, mengerjakan yang bocor itu kan perlu kehati-hatian, tidak gampang. Nanti kita akan sidak,” ujar politikus partai Golkar tersebut.

Sesuai dengan hasil rekomendasi yang dibuat oleh BWS Kalimantan IV Samarinda, pengerjaan perbaikan waduk Telaga Sari dilakukan dengan cara mengupas sampai bersih permukaan dasar waduk sebelum dilapisi blanket atau lapisan kedap air.

Hal ini bertujuan untuk membuat permukaan dasar waduk menjadi kedap air kembali dan air dapat kembali menggenang di waduk. Lapisan blanket ini akan mempergunakan sejenis tanah liat khusus yang didatangkan dari luar Kota Balikpapan.

Waduk Telaga Sari mengalami kebocoran secara tiba-tiba pada awal tahun 2021. Peristiwa itu membuka trauma warga Gunung Sari Ilir, yang pernah menjadi korban jebolnya waduk, beberapa tahun silam.