Dukung Indonesia Emas, Kota Balikpapan Susun RPJPD 2025-2045
Kabar Ibu Kota

Dukung Indonesia Emas, Kota Balikpapan Susun RPJPD 2025-2045

  • IBUKOTAKINI.COM – Dengan ditetapkannya Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, diperlukan rencana yang matang dalam menjalankan visi mis
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Dengan ditetapkannya Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, diperlukan rencana yang matang dalam menjalankan visi misi Kota Balikpapan ke depannya. 

“Melalui penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Balikpapan 2025-2045 Balikpapan akan memiliki visi misi sesuai perencanaan,” ungkap Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud membuka Kick off meeting Penyusunan RPJPD Kota Balikpapan 2025-2045 di Auditorium Balai Kota Balikpapan pada Senin 16 Oktober 2023.

Menurut Wali Kota, penyusunan rencana pembangunan jangka panjang kota Balikpapan sejalan dengan mimpinya yang dimulai tahun 2010 lalu. 

“Mimpi saya dari 2010 lalu, adalah istilah “Mabalu” dengan melihat letak Kota Balikpapan yang sangat strategis berada di jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II, dan didukung dengan pemindahan IKN di Kaltim,” ucapnya. 

Mabalu singkatan dari berbagai daerah, seperti Mamuju mewakili Sulawesi Barat, Palu mewakili Sulawesi Tengah dan Balikpapan mewakili Kalimantan. 

BACA JUGA:

“Tentu diharapkan bisa menopang terwujudnya Indonesia Baru dan peradaban yang baru mulai dari Kaltim ini. Sehingga dibutuhkan perencanaan kedepannya dan sinergi kolaborasi antar semua pihak agar program-program yang dilaksanakan bisa berjalan,” harap Rahmad Mas’ud.

Kepala Bappeda Litbang Kota Balikpapan, Murni memaparkan bahwa dalam mendukung Indonesia emas 2045 mendatang. Ada beberapa program strategis yang akan dilakukan dan dituangkan ke dalam 8 agenda Pembangunan. Di antaranya transformasi sosial, transformasi ekonomi, tata kelola, supermasi hukum, stabilitas ketahanan pangan, serta pembangunan yang merata dan berkeadilan serta kesinambungan dalam pembangunan.

Dukung Indonesia Emas, Kota Balikpapan Susun RPJPD 2025-2045

Di mana rencana awal RPJPD dengan melakukan penyusunan dan persiapan orientasi, mencari sumber-sumber terkait dengan isu strategis.

“Kegiatan kick off sebagai salah satu penanda sebagai faktor penyusunan awal, selanjutnya konsultasi publik untuk penguatan isi rancangan kegiatan jangka panjang,” terangnya.

Di mana dalam penyusunan RPJPD Harus bisa menjawab berbagai isi isu, ada isu nasional, ada regional kaltim, ada isu kota Balikpapan.

Termasuk Ada 7 isu strategis di Kota Balikpapan salah satunya sebagai mitra IKN. Di mana ada perubahan demografi kota Balikpapan mulai dari migrasi jauh lebih tinggi, yang artinya untuk bisa upaya antisipasi bagi Kota Balikpapan khususnya pendatang tapi juga kerukunan di Kota Balikpapan.

“Selain itu penyusunan RPJPD juga mendukung Indonesia emas pada 2045,” imbuh Murni.  

Dalam Kick Off Penyusunan RPJPD dihadiri Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Muhaimin, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan. 

Pembukaan ditandai dengan penekanan tombol oleh Wali Kota Rahmad Mas’ud didampingi Sekda Balikpapan. Dan menuliskan mimpi untuk Kota Balikpapan ke depannya dipapan yang telah tersedia. Selanjutnya kick Off Penyusunan RPJPD dimoderatori Sekda Balikpapan Muhaimin. (*)