Dukung UMKM, Wali Kota Balikpapan Berikan Bantuan Rombong dan Gerobak
Balikpapan

Dukung UMKM, Wali Kota Balikpapan Berikan Bantuan Rombong dan Gerobak

  • Dengan menjadi penyangga IKN, kondisi ini memberikan peluang besar bagi sektor kuliner dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk berkembang lebih pesat.
Balikpapan
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN – Sekitar 30 para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) khususnya kuliner memperoleh bantuan rombong dan gerobak dari Pemerintah Kota Balikpapan. 

Bantuan ini melalui Kecamatan Balikpapan Kota untuk para pelaku usaha kuliner di sekitar Pantai Mas Permai Kota Balikpapan yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman. 

Penyerahan bantuan secara simbolis diserahkan langsung Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud yang dihadiri Kepala Dinas Perdagangan Haemusri dan Kepala Koperasi UMKM dan Perindustrian, Heruressandy di aula Kantor Kecamatan Balikpapan Kota pada Selasa 24 September 2024. 

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud, mengajak para pelaku usaha untuk menjaga kebersihan kota, seiring dengan semakin banyaknya orang yang berdatangan ke Balikpapan, terutama dengan adanya pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan berbagai proyek strategis lainnya. 

Dengan menjadi penyangga IKN, kondisi ini memberikan peluang besar bagi sektor kuliner dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk berkembang lebih pesat.

"Balikpapan banyak didatangi orang, terutama karena adanya IKN. Ini memberi potensi besar bagi kuliner kita untuk lebih maju," kata Rahmad Mas'ud dalam sambutannya. 

BACA JUGA:

Ia menegaskan pentingnya komitmen dari pelaku usaha untuk terus memperbaiki dan mengembangkan UMKM. Pemerintah, kata Rahmad, harus hadir untuk mendukung UMKM agar dapat terus berkembang. Salah satu bentuk dukungan yang diharapkan adalah bantuan modal dari pengusaha besar kepada UMKM.

"Termasuk peran para pengusaha besar untuk membantu UMKM dalam permodalan," lanjutnya.

Dukung UMKM, Wali Kota Balikpapan Berikan Bantuan Rombong dan Gerobak 

Selain itu, Rahmad mengingatkan bahwa fasilitas yang diberikan oleh pemerintah kepada para pelaku UMKM harus dijaga dengan baik. 

Dukungan terhadap UMKM, menurutnya, juga perlu dilengkapi dengan pelatihan-pelatihan agar usaha kecil dapat berkembang lebih profesional dan berkelanjutan.

“Berwirausaha tidak hanya membutuhkan modal, tetapi juga pelatihan agar usaha tersebut bisa berkembang,” tutupnya.

Dengan semakin bertumbuhnya kota Balikpapan, terutama di tengah proyek besar IKN, ia berharap semua pihak, baik pemerintah maupun pelaku usaha, dapat bersinergi menjaga kebersihan dan mendukung keberlanjutan UMKM.

Sementara itu, Camat Balikpapan Kota, Rosin mengungkapkan para pelaku usaha yang mendapatkan bantuan adalah mereka yang berjualan kuliner di sekitar Pantai Mas Permai dan korban kebakaran. 

“Bantuan berupa rombong 20 unit dari Dinas Perdagangan, 3 unit kendaraan pengangkut sampah, 10 unit dari Kecamatan,” sebutnya.

Setelah penyerahan bantuan, pelaku usaha nantinya diberikan sosialisasi pembukuan keuangan. Sekaligus pengukuhan Forum Usaha Maju Bersama Balikpapan Kota. ***