Kepala Bidang Pencemaran Pengendalian Kerusakan Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Irma Nurmayanti pada pembukaan Grand final duta lingkungan hidup, Sabtu malam 21 Mei 2022
Kabar Ibu Kota

Duta Lingkungan Hidup Komitmen Membangun Generasi Muda Peduli

  • IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah Kota Balikpapan mengharapkan Duta Lingkungan Hidup memiliki program kerja yang terukur khususnya mengkampanyekan program pemkot ter
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah Kota Balikpapan mengharapkan Duta Lingkungan Hidup memiliki program kerja yang terukur khususnya mengkampanyekan program pemkot terkait lingkungan. Serta mendorong kepedulian generasi muda berkontribusi aktif membantu melestarikan lingkungan hidup.

Harapan ini disampaikan Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud, SE, ME, dalam pembukaan Grand Final Duta Lingkungan Hidup Kota Balikpapan Tahun 2022, yang diwakilkan Kepala Bidang Pencemaran Pengendalian Kerusakan Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Irma Nurmayanti. Grand final duta lingkungan hidup berlangsung di Gedung Kesenian Balikpapan, pada Sabtu malam, 21 Mei 2022.

Dalam sambutannya, Wali Kota menyambut baik dan mengapresiasi dilaksanakannya pemilihan Duta Lingkungan Hidup. Karena ini salah satu komitmen pemerintah dalam membangun generasi muda yang peduli dan memiliki wawasan luas mengenai lingkungan hidup.

“Nantinya besar harapan bisa ikut menjaga kelestarian lingkungan Kota Balikpapan,” tuturnya saat membacakan sambutan Wali Kota.

Sebagai daerah yang akan menyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah pasti beban lingkungan hidup akan bertambah. Seiring dengan bertambahnya penduduk. Sementara peran Balikpapan sangat diandalkan untuk mendukung fungsi IKN.

Diketahui, untuk meningkatkan indeks lingkungan hidup. Pemerintah fokus pada enam isu utama. Yaitu isu tata guna lahan, isu kualitas air, isu kualitas udara, isu risiko bencana, isu perkotaan dan isu tata kelola. 

Dalam kesempatan tersebut Penasehat Duta Lingkungan Hidup Resti Yusuf mengatakan bahwa peran duta lingkungan harus aktif khususnya mengkampanyekan dalam menjaga lingkungan.

“Forum duta lingkungan ini hadir sejak tahun 2015. Ke depan Duta Lingkungan yang terpilih harus mampu berperan aktif, mengingat banyak tantangan dalam menjaga lingkungan,” ujarnya.

Pada malam Grand Final Duta Lingkungan Hidup diikuti 24 peserta yang terdiri 12 finalis putri dan 12 finalis putra. Kegiatan tersebut juga dihadiri para orang tua sekaligus putra putri duta lingkungan hidup yang telah terpilih sejak tahun 2015.