Duta Pemuda Kota Balikpapan 2024 Diraih Luqman Asy'ari dan Nadia Ayu Maharani Komang
Daerah

Duta Pemuda Kota Balikpapan 2024 Diraih Luqman Asy'ari dan Nadia Ayu Maharani Komang

  • BALIKPAPAN - Pagelaran Duta Pemuda Kota Balikpapan Tahun 2024, telah berakhir. Secara resmi menobatkan Luqman Asy'ari dan Nadia Ayu Mahar
Daerah
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Pagelaran Duta Pemuda Kota Balikpapan Tahun 2024, telah berakhir. Secara resmi menobatkan Luqman Asy'ari dan Nadia Ayu Maharani Komang sebagai pemenang Duta Pemuda Balikpapan Tahun 2024 dan telah berhasil mengalahkan 18 finalis lainnya.

Rangkaian kegiatan ini sudah dimulai sejak bulan Februari 2024 diawali dari pendaftaran, seleksi, karantina, unjuk bakat hingga malam grand final ini.

Pemenang Duta Pemuda Tahun 2024, Luqman Asy'ari berpesan kepada pemuda Kota Balikpapan untuk terus aktif baik organisasi, komunitas, relawan untuk kegiatan sosial. 

"Percayalah, aktivitas kecil yang kita lakukan akan berdampak besar bagi orang lain. Tetap semangat," ucap pria berusia 22 tahun.

Warga Kecamatan Balikpapan Timur mengaku senang bisa menyabet gelar duta pemuda Balikpapan. Dirinya percaya bahwa usaha tidak pernah mengkhianati hasil, sehingga dirinya menikmati segala prosesnya.

"Lakukan terus proses. Percayalah apapun yang kita tanam itu yang kita panen. Semangat pemuda untuk peradaban Indonesia," terangnya. 

Mahasiswa Semester IV Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Kota Balikpapan mengakui kendala yang dihadapi lebih kepada mentalitas.

"Luar biasa performa finalis ataupun antusiasme penonton, sehingga menjadi tantangan bagi dirinya. Akan tetapi, dari situlah dirinya belajar untuk lebih giat dan lebih berusaha lagi," jelasnya.

BACA JUGA:

Selaras dengan Duta Pemuda Tahun 2024, Nadia Ayu Maharani Komang merasa senang. Apalagi ini menjadi pengalaman pertama buat dirinya. 

"Terima kasih kepada semua yang telah mendukung saya," ujar warga Kecamatan Balikpapan Selatan.

Dalam menjalani pemilihan grand final duta pemuda tahun 2024, dirinya mempunyai strategi salah satunya dengan cara belajar yang rajin. 

"Untuk pemuda Kota Balikpapan jangan pernah malas dan jangan takut gagal," jelas siswa kelas III SMKN 1 Balikpapan.

Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Muhammad Andi Yusri, mewakili Wali Kota Balikpapan, H. Rahmad Mas'ud mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih. 

"Janganlah berpuas diri. Teruslah berkarya dan menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya," jelasnya saat memberikan sambutan pada pembukaan grand final duta pemuda Balikpapan tahun 2024.

Balikpapan sebagai berada Ibu Kota Nusantara, memiliki peranan penting dalam mendukung pembangunan dan kemajuan ibu kota baru. 

Oleh karena itu, dibutuhkan pemuda pemudi yang memiliki karakter dan kepribadian yang kuat serta memiliki wawasan yang luas untuk dapat berkontribusi dalam pembangunan.

Ia yakin dengan semangat dan tekad yang kuat pemuda pemudi Kota Balikpapan, mampu membawa Kota Balikpapan ke arah yang lebih baik. 

"Mari kita bersama-sama membangun Kota Balikpapan yang maju, sejahtera dan berkelanjutan," ujarnya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan, C.I.Ratih Kusuma mengatakan pemilihan duta pemuda bertujuan untuk mewujudkan atau dalam hal meningkatkan indeks pembangunan kepemudaan Kota Balikpapan meliputi bidang pendidikan, kesehatan, lapangan pekerjaan, partispasi dan kepemimpinan kepemudaan.

"Pemilihan duta pemuda ini bukan hanya sebagai ajang untuk menemukan sosok yang mampu menjadi perwakilan pemuda di Balikpapan, tetapi juga sebagai agen perubahan," terangnya saat memberikan sambutan pada malam pemilihan duta pemuda di Balikpapan Sport Convention Center, pada hari Jumat, 8 Maret 2024 malam.

Ajang ini sebagai role model yang mampu menumbuhkan semangat cinta dan tanah air, semangat kebersamaan, semangat dalam kebutuhan sosial dan meningkatkan kapasitas daya saing pemuda dalam segala aspek kehidupan serta memiliki kemampuan dalam kepemimpinan. (*)