Edukasi Pentingnya Kesehatan, Dinkes Balikpapan Gelar Jambore UKS
Balikpapan

Edukasi Pentingnya Kesehatan, Dinkes Balikpapan Gelar Jambore UKS

  • Dari jambore ini ada berbagai lomba yang digelar. Yakni cerdas cermat, dokter kecil, penyuluh kesehatan, lagu cuci tangan pakai sabun, PMR dan penyuluh cegah kanker dan lainnya.
Balikpapan
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN – Dinas Kesehatan Kota Balikpapan kembali menggelar Jambore Unit Kesehatan Sekolah (UKS) di tahun 2024. Kegiatan berlangsung di Gedung Klandasan Balikpapan pada Selasa 8 Oktober 2024. Jambore diikuti sejumlah sekolah dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri dan swasta, Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan Kota Balikpapan perwakilan dari masing-masing kecamatan. 

Kegiatan Jambore UKS dibuka oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Daerah Kota Balikpapan, Arif Fadillah. 

Kepala Bidang Binmas Dinkes Balikpapan, Sri Mulyati, mengungkapkan bahwa jambore rutin dilaksanakan setiap tahun yang pelaksanaannya dilakukan secara berjenjang. 

“Sekolah yang mengikuti dari tingkat SD hingga SMA, dan yang datang perwakilan dari kecamatan. Sekolah yang mengikuti juga sudah terseleksi,” ucapnya disela-sela kegiatan Jambore UKS. 

BACA JUGA:

Dari jambore ini ada berbagai lomba yang digelar. Yakni cerdas cermat, dokter kecil, penyuluh kesehatan, lagu cuci tangan pakai sabun, PMR dan penyuluh cegah kanker dan lainnya. 

Untuk SD mengangkat tema bagaimana anak-anak bisa mencuci tangan dengan benar, kemudian SMP cegah bullying dan lomba tingkat penyuluh SMA dengan tema kesehatan jiwa atau mental health.

Edukasi Pentingnya Kesehatan, Dinkes Balikpapan Gelar Jambore UKS

“Tema ini diangkat karena saat ini memang lagi marak ya. Di mana dampak dari media sosial dan adanya kekerasan yang dan lainnya yang bisa berhubungan dengan kesehatan maupun pendidikan atau pembelajaran psikisnya,” terang Perempuan yang akrab disapa dr. Lia. 

Ia menambahkan perwakilan sekolah yang menang nanti akan mendapatkan piagam dan dana pembinaan. 

“Harapan yang menang juga bisa mengedukasi sekolah sendiri dan lainnya dalam hal kesehatan,” tambahnya. 

Selain itu, pihaknya mengatakan Dinkes juga bermitra dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Balikpapan. Di mana tujuannya dalam pencegahan dan deteksi dini untuk penyakit kanker. 

“YKI Cabang Balikpapan di Jambore menggelar lomba penyuluh kanker,” ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua 1 YKI Cabang Balikpapan, Dyah Muryani, mengatakan, yayasan ini menggelar berbagai kegiatan yang mengedukasi anak-anak bagaimana mencegah secara dini dan mengenal penyakit kanker. 

“Saat ini banyak istilahnya penyakit-penyakit tidak menular khususnya adalah kanker. Ada lanler payudara, leher Rahim dan lainnya,” imbuhnya. 

Ia pun mengapresiasi Dinkes yang telah menggelar kegiatan mengedukasi generasi dalam pencegahan dini dan hidup sehat. 

“Kami juga menggelar lomba penyuluhan kepada anak-anakku supaya mereka bisa mencegah dan sebelum sakit,” tutupnya. (Adv/Dinkes)