Ekspose Akhir Tahun 2023, Wali Kota Sampaikan Capaian Program Prioritas Mulai Pendidikan Hingga Ekonomi
Kabar Ibu Kota

Ekspose Akhir Tahun 2023, Wali Kota Sampaikan Capaian Program Prioritas Mulai Pendidikan Hingga Ekonomi

  • BALIKPAPAN – Dalam ekspose akhir tahun 2023, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menyampaikan pencapaian program prioritas pembangunan per
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Dalam ekspose akhir tahun 2023, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menyampaikan pencapaian program prioritas pembangunan periode 2021 sampai 2023. 

Program tersebut  merujuk pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Balikpapan Tahun 2021-2026. Di mana terdapat 9 program prioritas yaitu Penguatan birokrasi pemerintahan; Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dan pendidikan; Pengentasan kemiskinan; Penyediaan air minum yang sehat dan merata; Pengendalian banjir; Peningkatan kualitas lingkungan hidup dan kondisi sosial yang nyaman; Pengembangan Balikpapan sebagai kota MICE dan Wisata; Pengembangan Balikpapan sebagai kota kreatif; Revitalisasi Perusda. 

Wali Kota Rahmad Mas'ud mengatakan bahwa dalam menjalankan program kesehatan salah satunya BPJS Kesehatan gratis hingga bisa direalisasikan dengan pembayaran gratis bagi non penerima upah kerja. Begitu juga dengan tiga sekolah yang telah dibangunkan pada tahun ini.

"Kami di pemerintahan ini, Insya Allah kami tidak akan ingkar janji. Kami tidak pernah ingkar janji, tapi kadang molor. Lebih baik molor daripada ingkar, namun itu akan kita perbaiki," ucapnya di depan ribuan RT dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Balikpapan di Gedung Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) atau Dome Balikpapan pada Rabu malam, 27 Desember 2023.

Begitu juga dengan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), diakuinya sudah mengangkat ribuan tenaga honorer atau bantuan (Naban).

BACA JUGA:

"Ini berkat komunikasi kita dengan pihak terkait sehingga banyak P3K yang kita angkat, baik guru maupun tenaga kesehatan karena ini program prioritas kita," jelasnya.

Kemudian peningkatan kependudukan secara offline dan online yang sudah terkoneksi dengan data kependudukan, sehingga lebih mudah membuat akta kelahiran.

"Termasuk juga akta kematian, begitu juga dilaporkan. Akta kematian juga bisa keluar. Begitu pula pembangunan integritas wilayah bebas korupsi serta birokrasi bersih melayani di seluruh wilayah juga menjadi komitmen kami," ucapnya.

Dengan demikian, ia menegaskan jika ada yang mengurus perizinan ataupun Izin Membuka Tanah Negara (IMTN) yang dibayar di luar ketentuan maka laporkan kepadanya.

"Kalau ada yang main-main dengan perizinan dan pelayanan masyarakat, Insya Allah saya akan tindak dengan ketentuan yang berlaku," tegasnya.

"Di sini ada pak polisi dan Kejaksaan, tolong disampaikan bapak-ibu sekalian. Ini komitmen kami, khususnya menjalankan amanah yang dititipkan kepada saya," imbuhnya. (***)