Enam Kantong Parkir Digunakan untuk Libur Lebaran di Pantai Manggar
Tren

Enam Kantong Parkir Digunakan untuk Libur Lebaran di Pantai Manggar

  • Pada libur lebaran tersebut terdapat 50 petugas Disporapar dilibatkan, termasuk mengatur di enam kantong parkir dengan kapasitas hingga ratusan kendaraan di Pantai Manggar Segarasari
Tren
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan menyiapkan enam kantong parkir di Pantai Manggar Segara Sari untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung pada libur Lebaran 2024.

Kepala Disporapar Balikpapan Ratih Kusuma mengatakan, koordinasi dengan sejumlah stakeholder, termasuk TNI Polri dan OPD terkait, telah dilakukan untuk pengamanan libur Lebaran, khususnya di Pantai Manggar.

“Pengamanan dimulai 10 April hingga 16 April 2024, dari pukul 07.00 sampai 18.00 WITA,” ujar Ratih Kusuma pada Senin 8 April 2024. 

Pada libur lebaran tersebut terdapat 50 petugas Disporapar dilibatkan, termasuk mengatur di enam kantong parkir dengan kapasitas hingga ratusan kendaraan. 

Ratih menambahkan, untuk mencegah penumpukan di area pintu masuk, pihaknya menyiapkan enam kantong parkir untuk roda dua, empat, dan bus. Layanan evakuasi ambulans dan life guard juga tersedia di ruang informasi dan kesehatan serta pos pengamanan.

“Tanda-tanda larangan berenang di area tertentu akan dipasang,” ujarnya. Di mana orang tua diimbau untuk mengawasi anak-anak mereka saat bermain di pantai.

Sistem buka tutup akan diberlakukan jika area pantai penuh. Akses pintu masuk dibuat satu arah, dari depan pos Raider Modang dan pintu keluar di Jalan Dandito.

BACA JUGA:

“Pokdarwis dilibatkan untuk membantu penempatan di kantong parkir, dan penutupan jika penuh kendaraan,” tuturnya.

Sistem Tiket Jemput Bola

Berdasarkan data UPT, jumlah pengunjung Pantai Manggar Segara Sari mencapai 23.250 orang pada libur Lebaran 2023.

“Jumlah tersebut menghasilkan pendapatan asli daerah Kota Balikpapan sekitar Rp 266 juta,” ujar Ratih Kusuma.

Ratih mengatakan, pada libur Lebaran 2023, terjadi peningkatan 25 persen kunjungan ke Pantai Manggar dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh meredanya pandemi Covid-19 dan pencabutan PPKM.

“Selama libur Lebaran ini hingga saat ini tidak ada insiden yang tidak mengenakan terjadi di pantai Manggar. Jika pun ada kehilangan barang atau anggota keluarga, biasanya bisa langsung ditemukan petugas,” tandasnya.

Namun, Disporapar akan melakukan evaluasi, salah satunya dengan menerapkan sistem jemput bola di pintu masuk untuk pembelian karcis.

Destinasi Wisata Keluarga

Sebagai Kota Industri dan Jasa, Kota Balikpapan juga memiliki objek wisata yang selalu ramai dikunjungi saat liburan, termasuk Pantai Manggar Segara Sari atau Pantai Manggar yang terletak di Kecamatan Balikpapan Timur.

Setiap hari libur, pantai ini dikunjungi ribuan orang dan cocok untuk wisata keluarga atau bersama teman. Pantai Manggar memiliki keunikan dan pemandangan yang indah, dengan hamparan pasir putih, air laut biru bening, dan ombak yang tenang. ***