Selama posko penyelenggaraan angkutan laut lebaran terpadu Tahun 2024 (1445 H) berjalan dengan aman, tertib dan lancar.
Kabar Ibu Kota

Evaluasi Angkutan Laut Lebaran, Wali Kota Balikpapan Sebut Tahun Ini Lebih Baik

  • Selama posko penyelenggaraan angkutan laut lebaran terpadu Tahun 2024 (1445 H) berjalan dengan aman, tertib dan lancar.
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN – Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menyatakan bahwa evaluasi angkutan laut lebaran tahun 2024 melalui Pelabuhan Semayang lebih baik dari tahun sebelumnya. 

Hal ini disampaikannya dalam acara evaluasi dan tasyakuran Angkutan Lebaran 2024 yang diselenggarakan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Balikpapan di Terminal Pelabuhan Semayang, Balikpapan, pada Kamis 25 April 2024. 

Acara ini dihadiri oleh Kepala KSOP Kelas I Balikpapan Capt Bharto Ari Raharjo, dan berbagai pihak terkait, seperti jajaran Forkopimda, instansi terkait, dan perwakilan dari operator pelabuhan dan perusahaan pelayaran.

“Alhamdulillah tahun ini lebih baik. Walaupun masih ada yang harus dievaluasi dalam pelaksanaannya,” ungkapnya dalam sambutan. 

Menurutnya, pada tahun-tahun sebelumnya kepadatan penumpang di terminal sangat padat sehingga diperlukan tempat untuk menampung penumpang sementara. 

“Angkutan lebaran tahun ini berjalan dengan lancar dan aman. Kita tidak lagi melihat kepadatan terminal penumpang seperti tahun sebelumnya. Karena sudah tertata dengan baik dan telah diantisipasi," ucap Wali Kota Rahmad Mas'ud.

BACA JUGA:

Meskipun demikian, Wali Kota Rahmad Mas'ud mengakui bahwa masih ada beberapa kekurangan dalam penyelenggaraan angkutan lebaran tahun ini. Beliau mengatakan bahwa perlu dilakukan evaluasi terhadap berbagai permasalahan yang terjadi, sehingga bisa menjadi bahan pembenahan dalam penyelenggaraan angkutan lebaran yang lebih baik ke depannya.

"Mudah-mudahan melalui forum ini kita dapat melakukan evaluasi terhadap berbagai permasalahan yang terjadi sehingga bisa menjadi bahan pembenahan dalam penyelenggaraan angkutan lebaran yang lebih baik ke depannya," imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala KSOP Kelas I Balikpapan Capt Bharto Ari Raharjo mengungkapkan selama posko penyelenggaraan angkutan laut lebaran terpadu Tahun 2024 (1445 H) berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

“Kelancaran itu baik pada arus mudik maupun arus balik didukung semua instansi dan stakeholder yang terkait,” jelasnya.

Adapun realisasi angkutan laut lebaran tahun 2024 untuk kunjungan kapal sebanyak 79. Di mana jumlah total penumpang hingga H+14 lebaran atau 25 April 2024 sebanyak 92.754 Jiwa. 

Dan turun 40.786 Jiwa Jumlah Penumpang sampai H+14 lebaran. 

“Apabila dibanding tahun H+14 Tahun 2023 mengalami kenaikan 32,56 %,” sebutnya. 

Selanjutnya acara evaluasi dan tasyakkuran Angkutan Lebaran 2024 ditutup dengan tausiyah dan doa bersama. ***