Fadillah Arbi Aditama Siap Harumkan Indonesia di GP Moto3 MotorLand Aragon
Tren

Fadillah Arbi Aditama Siap Harumkan Indonesia di GP Moto3 MotorLand Aragon

  • Arbi, yang kini menjadi satu-satunya pebalap Indonesia di arena MotoGP, memiliki modal kuat setelah berkompetisi penuh selama satu musim di ajang FIM JuniorGP.
Tren
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

JAKARTA - Pebalap muda berbakat dari Astra Honda Racing Team (AHRT), Fadillah Arbi Aditama, akan kembali berlaga di kancah dunia pada ajang GP Moto3 yang berlangsung di sirkuit MotorLand Aragon, Spanyol, pada 1 September 2024. Pebalap asal Purworejo, Jawa Tengah, ini bertekad mempersembahkan performa terbaiknya untuk Indonesia dalam rangkaian balap dunia MotoGP.

Arbi, yang kini menjadi satu-satunya pebalap Indonesia di arena MotoGP, memiliki modal kuat setelah berkompetisi penuh selama satu musim di ajang FIM JuniorGP. Pengalamannya di beberapa sirkuit yang sama dengan MotoGP menjadi motivasi tambahan bagi Arbi untuk tampil maksimal di hadapan dunia.

Sebelumnya, Arbi telah menunjukkan kemampuannya saat bersaing sebagai wildcard di seri Catalunya pada bulan Mei lalu, di mana ia finis di posisi ke-23. Meski saat itu ia masih harus mengatasi cedera, Arbi tetap berusaha keras untuk memberikan yang terbaik. Kini, dalam kondisi yang lebih prima, Arbi siap untuk menghadapi tantangan berikutnya bersama Honda Team Asia.

“Saya berterima kasih kepada Astra Honda Racing Team, Junior Talent Team, dan Honda Team Asia yang telah memberikan kesempatan emas ini. Saya sangat antusias dan akan mengerahkan kemampuan terbaik saya dalam kesempatan yang luar biasa ini,” ujar Arbi pada Selasa 27 Agustus 2024.

BACA JUGA:

Karier balap Arbi dimulai dari Astra Honda Racing School pada tahun 2019. Setelah menapaki jenjang balap yang dibentuk oleh PT Astra Honda Motor (AHM), Arbi memulai debut internasionalnya di Asia Talent Cup pada musim 2021 saat berusia 15 tahun. Potensinya yang menjanjikan membuat Arbi mendapat kesempatan bersaing di FIM JuniorGP dan kini memasuki musim keduanya di ajang tersebut.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, Andy Wijaya, menegaskan komitmen perusahaan untuk terus mendukung pebalap muda Indonesia meraih mimpi di ajang balap dunia. Menurutnya, potensi dan daya juang Arbi di lintasan balap menjadi bekal yang cukup untuk bersaing di tingkat global.

“Mari kita dukung Arbi dalam mengharumkan nama bangsa di pentas balap dunia. Kegigihan dan jiwa kompetitif yang dimiliki Arbi membuat kami yakin bahwa ia dapat bersaing dengan pebalap-pebalap Moto3 World Championship yang berpengalaman,” ujar Andy.

Selain Arbi, alumni Astra Honda Racing School lainnya seperti Mario Suryo Aji juga turut bersaing di kejuaraan dunia, tampil reguler di kelas Moto2 World Championship bersama Honda Team Asia. Keberhasilan para alumni AHRS ini, termasuk Andi Farid Izdihar dan Gerry Salim, menunjukkan konsistensi dan kualitas program pengembangan pebalap muda yang diusung AHM. ***