Fasilitasi Pelaku Usaha, Ekraf Middle Fest 2024 Balikpapan Tengah Dibuka
UMKM

Fasilitasi Pelaku Usaha, Ekraf Middle Fest 2024 Balikpapan Tengah Dibuka

  • Ekonomi kreatif menjadi salah satu ujung tombak perekonomian Kota Balikpapan. Sektor ini tidak hanya memberikan kontribusi kepada APBD kota, tetapi juga menciptakan lapangan kerja, mendorong inovasi, dan memperkaya budaya lokal di masyarakat.
UMKM
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN - Festival Ekraf Middle Fest 2024 di Balikpapan Tengah dibuka dengan meriah pada Jumat malam, di Aula Stiepan Balikpapan, 2 Agustus 2024. Ekraf dibuka oleh Staf Ahli Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kota Balikpapan (Setkot) Balikpapan, Neni Dwi Winahyu, yang mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud.

Pembukaan ini turut dihadiri oleh Camat Balikpapan Tengah, Agung Budi Wibowo, anggota DPRD Balikpapan, serta berbagai stakeholder lainnya.

Acara yang berlangsung hingga Minggu, 4 Agustus 2024 ini menampilkan beragam kegiatan menarik. Mulai dari pentas seni, opera kebangsaan, parade band, workshop UMKM, workshop Teknologi Tepat Guna (TTG), talkshow ekonomi kreatif, pameran produk UMKM dan inovasi kelurahan, hingga gelaran aneka produk TTG.

Berbagai lomba juga turut memeriahkan festival ini, seperti lomba mewarnai, ranking 1 kebangsaan, lomba tari kontemporer, gebyar PAUD, serta pertunjukkan seni Betawi. 

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Wali Kota Balikpapan, Ketua Ekraf Balikpapan, dan STIE Balikpapan yang telah mendukung penuh terlaksananya kegiatan ini, serta apresiasi kepada seluruh lurah dan jajarannya yang turut memeriahkan acara. 

Tidak lupa, penghargaan diberikan kepada Ketua Posyantek dan Ketua Forum UMKM Balikpapan Tengah yang telah menampilkan seluruh produk unggulan mereka.

BACA JUGA:

Staf Ahli Perekonomian Setkot Balikpapan, Neni Dwi Winahyu, mengapresiasi kegiatan Ekraf Middle Fest 2024 Kecamatan Balikpapan Tengah yang terus melakukan inovasi dan menumbuhkan sektor ekonomi di Kota Balikpapan. 

“Ekonomi kreatif menjadi salah satu ujung tombak perekonomian Kota Balikpapan. Sektor ini tidak hanya memberikan kontribusi kepada APBD kota, tetapi juga menciptakan lapangan kerja, mendorong inovasi, dan memperkaya budaya lokal di masyarakat,” katanya membacakan sambutan wali kota.

Sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN), Kota Balikpapan memiliki potensi besar dalam pengembangan ekonomi kreatif. 

“Didukung oleh posisi strategis kota serta sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif, Balikpapan memiliki peluang besar untuk menjadi pusat pertumbuhan baru yang sangat potensial,” tandasnya. 

Camat Balikpapan Tengah, Agung Budi Wibowo, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat relevan dengan tantangan yang dihadapi oleh pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di era digitalisasi yang semakin pesat. 

“Melalui acara ini, diharapkan dapat memfasilitasi para pelaku ekraf dan UMKM untuk meningkatkan kualitas produk mereka, memperluas jaringan pasar, dan mendapatkan akses terhadap pembiayaan,” ujarnya. (*)