Festival Topeng Nusantara
Komunitas Kita

Festival Topeng Nusantara 2023: Memperkuat Keberagaman Budaya dan Seni

  • KUTAI KARTANEGARA - Festival Topeng Nusantara juga diikuti seniman dari berbagai daerah.
Komunitas Kita
Robi Sugiarto

Robi Sugiarto

Author

KUTAI KARTANEGARA, IBUKOTAKINI.COM  - Dalam rangka memperkuat keberagaman budaya dan seni di daerah, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan menggelar Festival Topeng Nusantara 2023. 

Pesta topeng ini akan berlangsung pada 9-11 November 2023 di Taman Kota Raja Tenggarong. 

Festival Topeng Nusantara 2023 di Kukar mengusung tema "Mystical Mask of Nusantara". Acara tersebut berkaloborasi dengan Solo International Performing Arts (SIPA).

"Kami bekerjasama dengan SIPA, jadi festival tersebut diikuti oleh pelaku seni tari topeng Solo, Cirebon dan lainnya," kata Kepala Dispar Kukar, Slamet Hadiraharjo pada, Senin 6 November 2023.

Slamet menyebutkan, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mampu mendorong tari Topeng Kutai, agar dikenal masyarakat luas. Tari Topeng Kutai juga tidak kalah menarik.

BACA JUGA:

Slamet menambahkan kegiatan ini tidak hanya melibatkan berbagai elemen masyarakat, mulai dari pelaku seni, hingga pelaku  Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal.

"Kita juga akan melibatkan pelaku seni, dan pelaku UMKM," sebutnya

Selain itu, Slamet berharap, dengan adanya pagelaran Festival Nusantara ini, semoga nantinya dapat memberikan imbas kepada siapa pun, khususnya kepada pelalu UMKM.

"Semoga setiap event yang kita laksanakan, berdampak juga terhadap pelaku UMKM khususnya untuk peningkatan ekonomi mereka," harapnya. (adv)