Twitter memberikan pembaruan pada cara pengamanan akun melalui autentifikasi dua langkah (two-factor authentication)
Tekno

Fitur Autentifikasi Dua Langkah Twitter Kini Tak Butuh Nomor Ponsel Lagi

  • Twitter memberikan pembaruan pada cara pengamanan akun melalui autentifikasi dua langkah (two-factor authentication) hanya dengan sekali sentuh tanpa harus menyerahkan nomor ponsel.

Tekno
Admin

Admin

Author

JAKARTA—Twitter memberikan pembaruan pada cara pengamanan akun melalui autentifikasi dua langkah (two-factor authentication) hanya dengan sekali sentuh tanpa harus menyerahkan nomor ponsel.

Sebelumnya, Twitter mengharuskan pengguna menyerahkan data nomor ponsel untuk melakukan auitentifikasi dua langkah. Dalam laman resminya, Twitter kini menggunakan WebAuthn untuk mengautentifikasi akses ke dalam akun masing-masing pengguna.

Adanya fitur ini membuat pengguna dapat menghapus nomor ponsel yang dimasukkan untuk autentifikasi dua arah.

Caranya, pada aplikasi Twitter atau Twitter dekstop, buka menu Settings lalu klik Account. Selanjutnya, tap nomor telepon dan pilih Delete atau Hapus.

Sebelumnya, Twitter mendapatkan masalah autentifikasi dua langkah ini dengan kode yang dikirimkan melalui sms. Akun CEO Twitter Jack Dorsey diketahui sempat diretas dengan menggunakan celah keamanan SIM swapping.

Masalah ini yang akhirnya diperbaiki Twitter dengan menghadirkan metode keamanan tambahan autentifikasi dua langkah, tanpa memerlukan input data nomor ponsel.