Frekuensi Penerbangan Meningkat, Pertamina Sukses Suplai Avtur
Bisnis

Frekuensi Penerbangan Meningkat, Pertamina Sukses Suplai Avtur

  • BALIKPAPAN – Balikpapan salah satu tujuan wisatawan domestik maupun mancanegara. Di mana Balikpapan pintu gerbang Provinsi Kalimantan Timur. Sehingga
Bisnis
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN – Balikpapan salah satu tujuan wisatawan domestik maupun mancanegara. Di mana Balikpapan pintu gerbang Provinsi Kalimantan Timur. Sehingga penumpang atau pengunjung datang melalui dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. 

Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan mencatat selama periode Januari- September tahun 2023 telah melayani penumpang sebanyak 3.809.081 orang pesawat udara 37.164 pergerakan baik yang datang maupun berangkat. 

Apabila dibandingkan dengan tahun 2022 yang hanya melayani 2.707.934 penumpang dan pesawat udara sebanyak 28.460 pergerakan menunjukkan pertumbuhan positif masing-masing sebesar 41% dan 31%.

Adapun pergerakan penumpang dan pesawat udara secara keseluruhan pada periode Januari – September mengalami peningkatan yang cukup signifkan, di tahun 2022 Bandara SAMS Sepinggan hanya melayani 2.707.934 penumpang dan 28.460 pergerakan pesawat udara namun di tahun 2023 mencapai 3.809.081 penumpang atau tumbuh positif 41% dan pesawat udara 37.164 pergerakan atau tumbuh positif 31%.

“Meningkatnya penerbangan, Pertamina tetap melakukan pengamanan, suplai dan distribusi serta segera menindaklanjuti jika sewaktu-waktu diperlukan tambahan stok akibat lonjakan frekuensi penerbangan,” jelas Kepala Operasi DPPU Sepinggan, Dimas Bagus Satriyo Wibowo, baru-baru ini. 

Ia mengatakan bahwa peningkatan peningkatan frekuensi penerbangan harus didukung oleh pasokan avtur yang lancar dari Pertamina.

BACA JUGA:

"Kami selalu memastikan pasokan avtur di DPPU Sepinggan aman dan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan penerbangan," tandasnya. 

DPPU Sepinggan merupakan DPPU terbesar di Kalimantan yang berkontribusi terhadap sekiar 50 persen lebih penjualan BBMP di Kalimantan. DPPU ini jugs menyuplai beberapa lokasi salah satunya DPPU Juwata, Kalimaru, APT Pranoto dan bandara Sepinggan Balikpapan. 

Tahun 2022 lalu tercatat dari 20 ribu penerbangan, Pertamina mampu menyuplai 66M liter. Sedangkan tahun 2023 mengalami kenaikan lebih dari 20 persen. 

Dimas mengatakan DPPU Sepinggan menyuplai penerbangan domestik dari maskapai Garuda Indonesia, Pelita, Citilink, Lion Group dan maskapainya lainnya. 

"Kami juga terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk memastikan kelancaran operasional penerbangan di Balikpapan," kata Dimas.

Pertamina lakukan quality control avtur sebelum diantar ke Bandara

Dimas menambahkan pasokan avtur yang lancar dari Pertamina menjadi salah satu faktor penting yang mendukung peningkatan kunjungan wisatawan ke Balikpapan. Hal ini karena penerbangan merupakan salah satu moda transportasi utama yang digunakan wisatawan untuk menuju Balikpapan.

DPPU Sepinggan merupakan salah satu DPPU yang melayani penerbangan ke Balikpapan. DPPU ini memiliki kapasitas penyimpanan avtur yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan penerbangan di Balikpapan.

Pertamina terus meningkatkan kualitas dan kuantitas pasokan avtur di DPPU Sepinggan. Hal ini dilakukan untuk memastikan kelancaran operasional penerbangan di Balikpapan dan mendukung pertumbuhan pariwisata di daerah tersebut.

“Dari sisi kualitas di mana sebelum avtur diantar ke bandara dilakukan pemeriksaan quality control. Hal ini untuk memastikan avtur sesuai standar kualitas yang sudah ditentukan,” ujarnya. 

Tak hanya memasok untuk penerbangan domestik dan mancanegara di beberapa bandara. Dimas menambahkan bahwa tahun 2023 telah memasok avtur 1.631 Kl dengan 20 penerbangan haji dari Balikpapan ke Jeddah. 

Sementara itu, Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra mengatakan Pertamina juga memiliki peran dalam kelancaran operasional penerbangan di Balikpapan dan mendukung pertumbuhan pariwisata di daerah.

“Peningkatan kunjungan wisatawan ke Balikpapan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah. Untuk itu peran Pertamina juga harus mendukung pasokan avtur dengan baik,” ujarnya. 

Ke depan, diharapkan kunjungan wisatawan ke Balikpapan terus meningkat. Apalagi magnet Ibu Kota Negara memberikan daya tarik tersendiri dibalik meningkatkan kunjungan. Bukan kunjungan ke destinasi tetapi juga pertemuan-pertemuan besar yang berlangsung di Kaltim.  ***