Gandeng Balai Pelatihan Asal Bekasi, Disnaker Balikpapan Buka Kesempatan Pelatihan Gratis
Kabar Ibu Kota

Gandeng Balai Pelatihan Asal Bekasi, Disnaker Balikpapan Buka Kesempatan Pelatihan Gratis

  • IBUKOTAKINI.COM - Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Balikpapan bekerja sama dengan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Bekasi m
Kabar Ibu Kota
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Balikpapan bekerja sama dengan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Bekasi menyelenggarakan pelatihan gratis untuk para pencari kerja asal Kota Beriman. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Balikpapan. 

Dihubungi melalui sambungan telepon seluler, Ani Mufaidah, Kepala Disnaker Balikpapan mengatakan, dari 14 kuota yang disediakan, masih terdapat 2 kuota yang belum terisi. Jenis-jenis pelatihan yang dibuka adalah sebagai berikut, pengoperasian industrial manufacturing, instalasi fiber optik, teknik instalasi satelit (VSAT), desainer multimedia muda, dan IT software solution untuk bisnis.

"Mereka akan berangkat bulan Mei ini, tanggal 15. Hari ini tim dari Bekasi sudah datang ke Balikpapan," ucap Kepala Disnaker Kota Balikpapan, Ani Mufaidah, Rabu (10/5/2023). 

Peserta pelatihan akan diberangkatkan menuju Bekasi untuk mengikuti pelatihan secara intensif. Setelah selesai, peserta pelatihan juga akan menerima sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

"Ini jadi tiket masuk dunia kerja. (Sertifikat dari) BNSP ini adalah sertifikat yang diakui," ungkapnya. 

BACA JUGA:

Hingga berita ini diterbitkan, sebanyak 12 nama pencari kerja telah lolos seleksi dan siap menunggu instruksi selanjutnya. Adapun, 12 peserta yang lolos tersebut akan mengikuti jenis pelatihan sebagai berikut, pengoperasian industrial manufacturing sebanyak 2 orang, instalasi fiber optik sebanyak 3 orang, teknik instalasi satelit (VSAT) sebanyak 2 orang, desainer multimedia muda sebanyak 2 orang, serta IT software solution for business sebanyak 3 orang. 

Ia mengaku, 2 kuota yang belum terisi, yaitu masing-masing untuk jenis pelatihan desainer multimedia muda dan teknik instalasi satelit (VSAT). "Minatnya rendah. Yang banyak diminati, di bidang manufakturing," katanya.

Gandeng Balai Pelatihan Asal Bekasi, Disnaker Balikpapan Buka Kesempatan Pelatihan Gratis

Untuk dapat memenuhi kuota yang ada, Disnaker Balikpapan akan mengalihkan peserta yang telah mendaftar pada jenis pelatihan lain yang masih relevan dengan tetap menyeleksi calon peserta.

"Peserta yang mendaftar di jurusan lain dan tidak lolos, kami beri kesempatan medaftar di multimedia dan VSAT. Besok pengumuman terakhirnya," jelasnya.

Sementara itu, untuk menarik antusias para pencari kerja, informasi terkait pelatihan ini juga telah dibagikan melalui platform media sosial Instagram Disnaker Kota Balikpapan. Skema sharing cost juga dilakukan, bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker RI).

"Kami hanya menyiapkan transportasi dari Balikpapan. Setelah di sana, biaya asrama, pelatihan, dan uang saku ditanggung anggaran kementerian," terangnya.

KTP Balikpapan dan lulusan SMA/SMK menjadi syarat pendaftaran pelatihan gratis yang didominasi oleh jenis pelatihan yang berkaitan dengan IT.

"Karena, balai besar ini unggulannya di bidang tersebut," tandasnya. ###