Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19
Kabar Ibu Kota

Gelar 3 Lokasi Vaksinasi, Dinkes Balikpapan Kerahkan Kekuatan Penuh

  • IBUKOTAKINI.COM – Dinas Kesehatan Kota Balikpapan mengeluarkan kekuatan penuh dalam pelaksanaan vaksinasi di 3 lokasi sentra. Vaksinasi digelar hari ini (28/2)
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Dinas Kesehatan Kota Balikpapan mengeluarkan kekuatan penuh dalam pelaksanaan vaksinasi di 3 lokasi sentra. Vaksinasi digelar hari ini (28/2) di Gedung Dome, Gedung Parkir Klandasan dan Plaza Inpres Kebun Sayur dan Puskesmas.  

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan vaksinasi yang digelar pada beberapa titik sekaligus untuk percepatan vaksinasi sehat memanfaatkan momentum hari libur harapan kami masyarakat lebih banyak waktu untuk datang ke lokasi vaksinasi. 

“Target hari ini 4000 dosis Pfizer dan Sinovac,” katanya pada Senin (28/2/2022). 

Sesuai dari Surat Edaran Dirjen P2P Kemenkes  Nomor 1180 tahun 2022 bahwa interval vaksinasi dosis kedua ke tiga yang sebelumnya berjarak enam bulan saat ini menjadi berjarak tiga bulan.

“Untuk itu kami mengimbau kepada seluruh masyarakat yang telah mendapatkan vaksin dosis kedua pada tiga bulan lalu, agar segera melanjutkan lagi dengan dosis ketiganya atau booster,” ujar Kepala DKK Balikpapan, Andi Sri Juliarty.

Ia pun menyampaikan terima kasih untuk seluruh tim vaksinator Dinkes yang rela mengisi hari liburnya dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Bagi masyarakat yang belum booster diimbau untuk segera datangi lokasi sentra vaksinasi,” tandasnya. 

Sementara itu, untuk tingkat keterisian lokasi Isoter juga meningkat. 

“Saat ini Pemkot Balikpapan telah menyiapkan dua lokasi isoter yaitu di Hotel Gran Tiga Mustika yang saat ini sudah terisi 95 persen dari 132 tempat tidur yang disiapkan,” ujar Kepala DKK Balikpapan, Andi Sri Juliarty kepada media, Senin (28/2/2022).

Begitu juga dengan isoter yang ada di Embarkasi Haji Batakan karena baru di buka pasien yang ada sana sudah mencapai 46, atau sekitar 20 persen dari kapasitas 264 tempat tidur.

“Kami imbau masyarakat yang bergejala ringan segera masuk ke isoter dan ini gratis, baik di GTM dan Embarkasi Haji,” pesannya. 

Adapun untuk Rumah Sakit bagi masyarakat yang terkonfirmasi covid-19 dengan gejala sedang, atau menuju ke berat, yang mana saat ini keterisian BOR Rumah sakit untuk ruang isolasi 30 persen dan ICU 30 persen dengan daya tampung 647 tempat tidur.