Daerah

Formas dan Pameran Kewirausahaan Muda Jadi Perayaan HUT ke-127 Balikpapan

  • Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan menggelar Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat (FORMAS) dan
Daerah
Admin

Admin

Author

IBUKOTAKINI.COM, BALIKPAPAN—Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan menggelar Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat (Formas) dan Pameran Kewirausahaan Muda dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-127 Kota Balikpapan.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari mulai 23-25 Februari 2024 dan diikuti 1.350 peserta yang mengikuti berbagai festival yakni festival senam sebanyak 800 peserta dari perwakilan Kaltim, Kalsel, Jawa, Sulawesi.

"Kegiatan ini berkolaborasi antara bidang keolahragaan dan kepemudaan DPOP. Terima kasih  atas keberhasilan meraih panji pembangunan dibidang keolahragaan, kepemudaan dan kepariwisataan terbaik di Kaltim," jelas Kepala DPOP Kota Balikpapan, Ratih Kusuma saat pembukaan kegiatan di Balikpapan Tennis Stadium, pada hari Jumat (23/2/2024).

Selanjutnya, Festival Panahan Tradisional diikuti  sebanyak 300 peserta dari seluruh Kaltim; Catur Non Master sebanyak 100 peserta; Festival Joker berjumlah 124 peserta dan selebihnya peserta  festival mural keolahragaan dan grafitti keolahragaan.

Ratih mengatakan festival olahraga ini juga untuk membudayakan masyarakat untuk gemar berolahraga, sehingga masyarakat hidup sehat. Apabila senang berolahraga, maka bisa menciptakan prestasi.

Selain itu, dengan adanya Formas, ragam olahraga bisa dikenal masyarakat sehingga menjadi menjadi pilihan dan diminati masyarakat.

"Kajian desain besar olahraga daerah Kota Balikpapan dimana tingkat kebugaran partispasi olahraga perlu ditingkatkan baik pelajar, usia dini maupun masyarakat Kota Balikpapan," ucapnya.

Pameran Kewirausahaan digelar bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para wirausahawan muda sebagai wadah pemuda, yang ingin menyalurkan kreativitas sebagai insan yang kreatif dan produktif memiliki kemandirian. "Kami ingin melihat kewirausahaan pemuda ini untuk bisa mandiri, produk yang dihasilkan bisa di promosikan," terangnya.

Pameran diikuti 30 tenant dari perwakilan seluruh perguruan tinggi di Kota Balikpapan, perwakilan OPD, organisasi olahraga, organisasi kepemudaan serta organisasi disabilitas.

Ratih mengungkapkan jika jumlah penduduk di Kota Balikpapan, seperempat atau 25 persen penduduk adalah kelompok usia muda yaitu usia 16-30 tahun. "Pameran ini menjadi salah satu tempat untuk mereka menyalurkan bakat ekonomi kreatif," pungkasnya.