Gelar Opening Sebuse Semarak 2023, Cara Kilang Pertamina Unit Balikpapan Tingkatkan Kebugaran Pekerja
Kabar Ibu Kota

Gelar Opening Sebuse Semarak 2023, Cara Kilang Pertamina Unit Balikpapan Tingkatkan Kebugaran Pekerja

  • IBUKOTAKINI.COM – Industri minyak dan gas bumi dikenal dengan industri yang memiliki karakteristik high risk, high cost, dan high tech. Kondis
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Industri minyak dan gas bumi dikenal dengan industri yang memiliki karakteristik high risk, high cost, dan high tech. Kondisi ini tentunya memerlukan kondisi fisik yang prima. Sebagai upaya untuk menjaga pekerjanya tetap prima, Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan menggelar kegiatan Sehat Bugar Senang (Sebuse) Semua Mari Bergerak (Semarak) 2023. Pembukaan kegiatan dilaksanakan di Gedung Banua Patra, Balikpapan Jum’at, (12/05/2023).

Mengusung tema “Semarak” pembukaan program Sebuse diawali dengan jalan sehat, senam bersama, penampilan tarian dari Mathilda Color Guard, demo masak makanan sehat dan talkshow bersama finalis Master Chef Indonesia Season 8 Olivia Tommy. Talkshow dipandu oleh Putri Indonesia Kalimantan Timur 2016 Novita Adipati Chandra.

"Program Sebuse Semarak ini dilaksanakan untuk memastikan pekerja, keluarga dan mitra kerja dalam keadaan sehat dan bugar disaat bekerja. Tentunya kita juga berharap setelah pensiun kita juga nantinya tetap dalam keadaan sehat dan bugar," kata Manager HSSE PT KPI Unit Balikpapan Binsar Butarbutar dalam laporannya.

Binsar juga menyebutkan akan dilaksanakan beberapa program selama 6 bulan kedepan. Kegiatan tidak hanya meliputi kegiatan olahraga bersama dan talkshow, tetapi hingga konsultasi pengaturan kalori makanan kepada para peserta, sharing dari ahli gizi, hingga pemeriksaan rutin kesehatan.

BACA JUGA:

“Sudah dibuat target hingga 6 bulan kedepan, juga nanti akan kita lakukan pengaturan makanan agar sesuai dengan kalori untuk pekerjaannya masing-masing. Kita akan rutin pengecekan kesehatan selama 6 bulan kedepan,” ujar Binsar.

Binsar mengajak agar seluruh pekerja dan mitra kerja dapat berpartisipasi secara aktif. Bahkan Binsar menganjurkan peserta dapat juga terlibat dalam program tersebut. 

"Kegiatan boleh mengajak keluarga sehingga kita tetap dapat waktu untuk keluarga dan juga waktu untuk mengikuti kegiatan," kata Binsar.

Hal yang menjadi fokus utama program Sebuse Semarak tahun ini adalah berat badan yang berlebih. Risiko berat badan berlebih pada pekerja dapat disebabkan oleh perubahan pola aktivitas dan pola makan. Selain itu juga bahwa ada perbedaan berat badan antara pekerja yang bekerja di kantor dan di lapangan, yang disebabkan karena adanya perbedaan aktivitas fisik pekerja.

Sementara itu General Manager PT KPI Unit Balikpapan Arafat Bayu Nugroho menyambut baik serta mengapresiasi program Sebuse Semarak yang dilaksanakan tahun ini. 

"Terima kasih atas terselenggaranya acara ini, saya tidak menyangka antusiasnya sebesar ini. Ini pasti karena semangat dari kita semua untuk dapat hidup sehat, bugar dan senang. Mudah-mudahan sukses seperti pada tahun 2022 yang berhasil menurunkan rata-rata berat badan tenaga kerja kita hingga 3 kg. Mari kita ikuti terus rangkaian kegiatan dari program ini dan sama-sama kita sukseskan,” kata Bayu.

Bayu juga menyampaikan bahwa program yang dilaksanakan tersebut akan juga meningkatkan kinerja perusahaan. "Mudah-mudahan kesehatan kita akan semakin meningkat, kinerja kita juga akan semakin meningkat." tutup Bayu. ###