Gelar Pasar Minyak Goreng Murah, TPID Balikpapan Sediakan 4.200 Liter per Kecamatan
Kabar Ibu Kota

Gelar Pasar Minyak Goreng Murah, TPID Balikpapan Sediakan 4.200 Liter per Kecamatan

  • IBUKOTAKINI.COM - Permintaan yang tinggi mendorong pemerintah untuk menggelar Pasar Minyak Goreng Murah yang akan dilakukan di semua kecamatan
Kabar Ibu Kota
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Permintaan yang tinggi mendorong pemerintah untuk menggelar Pasar Minyak Goreng Murah yang akan dilakukan di semua kecamatan di Kota Balikpapan.

Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Perdagangan (Disdag) dan gabungan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Balikpapan melaksanakan pasar ini sejak Rabu (12/4/2023) kemarin sampai 15 April 2023 mendatang. Dalam pelaksanaannya, pemerintah bekerja sama dengan Rajawali Nusindo yang merupakan distributor minyak goreng.

"Kerja sama dengan RNI sebagai distributor, menggelar Pasar Minyak Goreng Murah. Jadi, khusus Minyakita," ucap Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disdag Balikpapan, Muhammad Anwar pada Jumat (14/4/2023).

"Lokasi pasar minyak ini di seluruh kecamatan. Alokasinya 4.200 liter per kecamatan. Dengan harga Rp 13 ribu per liter. Ini di bawah harga eceran tertinggi (HET) Rp 14 ribu," lanjutnya lengkap.

Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memastikan stabilitas harga minyak goreng di pasaran dan memenuhi kebutuhan masyarakat karena permintaan yang cukup tinggi.

BACA JUGA:

"Salah satu upaya kita untuk mengintervensi harga di pasar yang lebih tinggi dari HET. Ini kerja TPID bersama BI dan instansi terkait," tuturnya.

Setiap kecamatan, lanjut dia, memiliki jadwal masing-masing dalam pelaksanaan pasar murah khusus minyak goreng ini. Adapun, Balikpapan Timur dan Balikpapan Utara menjadi lokasi awal pelaksanaan pasar tersebut pada hari kemarin.

Sedangkan, hari ini, pelaksanaan dilakukan di Balikpapan Kota dan Balikpapan Tengah. Sementara, hari ini (14/4/2023), akan dilaksanakan di Kecamatan Balikpapan Selatan dan Balikpapan Barat sejak pukul 08.30-11.30 Wita.

"Dalam satu hari (pasar minyak goreng murah) berlangsung di dua kecamatan sekaligus. Kemudian, pada 15 April 2023 nanti, kami kerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag)," terangnya.

Pelaksanaannya juga akan berlangsung di Kantor Kemenag Balikpapan. Namun, jenis komoditas yang akan dijual tak hanya minyak goreng, tetapi juga bahan pokok lainnya.

"Salah satunya untuk memenuhi kebutuhan Idulfitri. Selain itu, gelaran pasar minyak ini bagian dari program Domestic Market Obligation (DMO), digelontorkan untuk intervensi harga minyak (goreng)," ungkapnya.

Lebih lanjut, pasar ini juga dilakukan sebagai antisipasi untuk menekan inflasi. Sebab, permintaan masyarakat memang cukup tinggi dan pembeliannya juga dibatasi.

"Ada Surat Edaran (SE) dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) Nomor 3 Tahun 2023, setiap pembelian satu orang dibatasi 2 liter per hari," sebutnya. 

Setiap pembelian juga tak lagi membutuhkan syarat-syarat khusus, seperti pelaksanaan pembatasan pembelian yang dilakukan pemerintah sebelumnya.

"Tidak perlu syarat-syarat lagi, tidak perlu pakai KTP, tidak perlu pakai KK. Kami buka secara publik kepada semua orang," imbuhnya.

Dalam menyampaikan informasi pasar minyak goreng murah ini, pihak Disdag Balikpapan memastikan publikasi terkait kegiatan ini sampai hingga tingkat RT

"Kerja sama ini disebarkan melalui Kelurahan sampai ke RT," pungkasnya. ###