Germas Rutin Diselenggarakan, Kemenkes Sebut Pemkot Balikpapan Proaktif
Kabar Ibu Kota

Germas Rutin Diselenggarakan, Kemenkes Sebut Pemkot Balikpapan Proaktif

  • IBUKOTAKINI.COM – Setiap hari Jumat, Pemerintah Kota Balikpapan rutin menggelar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Kegiatan tersebut dim
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Setiap hari Jumat, Pemerintah Kota Balikpapan rutin menggelar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Kegiatan tersebut dimulai dengan olahraga, makan makanan sehat, dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Pelaksanaan Germas di halaman Balai Kota Balikpapan pada Jumat (10/3/2023) dihadiri oleh Direktur Pelayanan Usia Produktif dan Lansia Kementerian Kesehatan drg. Kartini, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty, mengungkapkan, bahwa pelaksanaan germas ini rutin diselenggarakan setiap minggunya. 

“Tadi sudah hadir dari Kementerian Kesehatan dan beliau antusias melihat bahwa ternyata germas di Balikpapan dilaksanakan secara proaktif oleh pemerintah Kota Balikpapan,” ungkap perempuan yang disapa Deo. 

Rangkaian kegiatan Germas di antaranya pemeriksaan kesehatan, menyediakan sayuran sehat dari stan UMKM yang tersedia serta diawali dengan senam. 

“Sudah sangat lengkap untuk menunjukkan bahwa implementasi Germas di Balikpapan berjalan dan keinginan dari pemerintah kota untuk membudayakan perilaku sehat ini terus berjalan pasca pandemi,” ucapnya. 

BACA JUGA:

Karena menurutnya, memang semua harus bangkit dan untuk bangkit itu diperlukan fisik yang kuat dan jiwa yang sehat.

“Dalam Germas itu untuk pemeriksaan kesehatan itu rata-rata, kami membawa 100 tes dan itu selalu habis. Minimal satu kali setahun yang berusia produktif itu memeriksakan cek labnya yaitu asam urat kolesterol, gula darah dan tekanan darah dalam rangka kita mendeteksi ini jika ada gejala-gejala pradiabetes atau gejala-gejala hipertensi,” tambahnya. 

Germas Rutin Diselenggarakan, Kemenkes Sebut Pemkot Balikpapan Proaktif

Sementara itu, nampak stan pemeriksaan kesehatan ramai dikunjungi PNS yang mengikuti Germas. Dan terlihat UMKM yang menyedia sayuran serta makanan sehat juga padat pengunjung.

Kegiatan Germas juga bekerja sama dengan Dinas Perdagangan dan Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Balikpapan. Di mana UMKM binaan terlibat secara bergantian. ###