Penyaluran Bantuan Sosial Masyarakat dari Pemerintah Provinsi Kaltim
Kabar Ibu Kota

Giliran Warga Balikpapan Barat Cairkan BSM

  • Pendistribusin BSM

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Sekitar 1.414 warga kecamatan Balikpapan Barat hari ini (15/7) mencairkan Bantuan Sosial Masyarakat (BSM) dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, di Gedung Sport and Convention Center Balikpapan.

Pendistribusian BSM dipantau langsung oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi bersama Kepala Dinas Sosial Purnomo dan jajaran Camat Balikpapan Barat. Pendistribusian BSM dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan. Mereka antri sesuai sistem yang telah diatur. Diawali dengan mencuci tangan, selanjutnya pemeriksaan suhu dan jaga jarak saat proses antrian.

Khusus Kota Balikpapan, total Bantuan Sosial Masyarakat yang didistribusikan tercatat mencapai Rp21 miliar, dengan besaran masing-masing kepala keluarga Rp750 ribu. Bantuan dibagikan selama tiga tahap bagi 28 ribu kepala keluarga (KK) di sejumlah kecamatan di Kota Balikpapan. Pada Kecamatan Balikpapan Selatan BSM diberikan kepada 7.966 KK, Kecamatan Balikpapan Kota sebanyak 9.372 KK, dan Kecamatan Balikpapan Timur sejumlah 6.737 KK, Balikpapan Barat 1.414 KK.

Wali kota Rizal Effendi mengatakan usulan baru untuk BSM sekitar 12 ribu telah masuk ke Provinsi Kaltim. Namun masih menunggu finalnya Provinsi Kaltim. “Saat ini masih diperjuangkan dengan melihat anggaran dan penghitungan kembali,” katanya usai memantau jalannya pendistribusian BSM.

Begitu pula dengan bantuan tunai kota Balikpapan masih dihitung kembali apabila anggarannya masih bisa maka akan dimasukkan. Namun pihaknya masih menghitung kembali dengan melihat situasi pendapatan terakhir dari refocusing.

Sementara itu Kepala Cabang Bank Kaltimtara Haris Harsono mengatakan pendistribusian BSM dilaksanakan sampai Jumat mendatang (17/7). Pelaksanaan dilaksanakan di gedung dome. “Proses pencairan awalnya, data diverifikasi oleh tim kemudian dilanjutkan dengan pengambilan buku tabungan dan ATM,” sebutnya. Karena warga yang memperoleh BSM dapat diambil melalui ATM yang tersedia. Sehingga hal ini memudahkan warga yang memperoleh bantuan.