Go Digital, Kominfo Gandeng Ritase
Bisnis

Go Digital, Kominfo Gandeng Ritase

  • IBUKOTAKINI.COM – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggandeng Ritase dalam Sosialisasi Pemanfaatan Tekhnologi Digital Trucking. Hal i
Bisnis
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggandeng Ritase dalam Sosialisasi Pemanfaatan Tekhnologi Digital Trucking. Hal ini untuk membantu pemerintah dalam upaya digitalisasi salah satunya logistik. 

Koordinator Inisiatif Digital Sektor Strategis Satu Kementerian Kominfo Wijayanto memgatakan, bahwa yang dilakukan saat ini adalah mencari beberapa inisiatif logistik, dan transformasi digital. 

“Salah satunya ya digital trucking ini,” katanya kepada kepada awak media di Balikpapan saat Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Digital Trucking. 

Menurut Wijayanto, selama ini dunia usaha ataupun masyarakat terbiasa dengan konvensional. Namun seiring perkembangan zaman, harus bertransformsi dengan digitalisai.

“Jadi bagaimana kita membantu mendigitalisasi. Kalau intinya bagaimana yang selama ini mungkin dilakukan secara manual ini bisa terdigitalisasi,” ucapnya.

Karena sesuai dengan program Pemerintah yakni go digital, di mana mendorong transformasi digital di enam sektor. Karena targetnya agar masyarakat bisa memanfaatkan tekhnologi

“Targetnya masyarakat bisa menggunakan atau memanfaatkan. Jadi dimudahkanlah dengan digitalisasi,” ujarnya.

Salah satu alasan sosialisasi di Kota Balikpapan karena terkait pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. “Makanya kami menuju di Balikpapan ini salah satunya untuk mendukung IKN,” tandasnya. 

Ilman Kusnadi Ceo and Founder Ritase mengatakan sebagai salah satu perusahaan rintisan atau startup yang berfokus pada ekosistem penyediaan dan pengelolaan logistik, sehingga bisa memberikan gambaran terkait digital logistik

“Nah ini kita mencoba berpartner supaya memberikan konsep bahwa gol digital logistik itu sebenarnya sudah bisa diterapkan di seluruh lini bisnis di Indonesia,” ungkap dia.

“Jadi dia (Kementerian Kominfo) melihat Ritase salah satu konsep yang berhasil, dia mengundang kita menjadi fasilitator bertemu dengan pengusaha logistic.”

Sejauh ini sudah digelar di sejumlah daerah dan akan keliling Indonesia. Karena targetnya akselerasi digitalisasi secara nasional. Karena dengan digitalisasi akan lebih memudahkan.

“Mudah-mudahan ekonomi bangkit di Balikpapan ini. Karena waktu Covid-19 (tinggi) batubara turun. Semua banyak yang kolaps di Balikpapan. Kita coba bangkitkan lagi industri logistik di Balikpapan.”

Ritase menggunakan platform berbasis cloud yang memungkinkan pengirim barang (shipper) dan pengangkut barang (transporter dan driver) memproses dan hemat biaya melalui perangkat lunak (software) perencanaan logistik.