Ilustrasi
Tekno

Google Tak Lagi Tampilkan Situs Berbasis Flash

  • Pada beberapa tahun sebelumnya, Adobe Flash merupakan jawaban dari situs yang membosankan karena dapat menghadirkan animasi, media, dan aksi.

Tekno
Admin

Admin

Author

JAKARTAGoodbye Flash adalah judul artikel yang dipilih oleh Engineering Manager Google Dong-Hwi Lee untuk mengumumkan pemberhentian dukungan mesin pencari itu pada situs yang memiliki konten berbasis Adobe Flash.

Pada beberapa tahun sebelumnya, Adobe Flash merupakan jawaban dari situs yang membosankan karena dapat menghadirkan animasi, media, dan aksi. Teknologi ini memberikan inspirasi bagi pembuat konten untuk berkreasi di situsnya. Data yang diperoleh dari Adobe menyebutkan pemasangan Flash Runtime yang memutar konten berbasis Adobe Flash telah mencapai 500 juta kali hingga Semester II/2013.

Google menyebutkan pemberhentian dukungan untuk Adobe Flash akan dilakukan tahun ini. Situs yang berisi konten Adobe Flash akan diabaikan. Google Search juga akan berhenti mengindeks file berekstensi SWF. Hwi Lee menyebutkan sebagian besar pengguna Google dan situs yang ada tidak akan terkena banyak dampak pada perubahan ini.

Adobe sendiri sudah berencana menghentikan semua dukungan untuk produk Flash ini pada 2020. Mereka menganjutkan pengembang untuk menggunakan HTML5 yang lebih modern untuk menggantikan Flash.