Pj Bupati PPU, Makmur Marbun
Kabar Ibu Kota

Gubernur Isran Noor ‘Ospek’ Pj Bupati PPU Makmur Marbun, Gajinya Dua

  • IBUKOTAKINI.COM – Suasana pengambilan sumpah dan pelantikan Penjabat Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun bak pentas stand up comedy.
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

SAMARINDA, IBUKOTAKINI.COM – Suasana pengambilan sumpah dan pelantikan Penjabat Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun pada Selasa, 19 September 2023, bak pentas stand up comedy. Gubernur Isran Noor yang memberikan sambutan selama kurang lebih 20 menit membuat aula Odah Etam di Kantor Gubernur Kaltim Samarinda, riuh dengan tepuk tangan dan gelak tawa. 

“Karena tetap menjabat sebagai Jabatan Tinggi Pratama Kemendagri, (Makmur) gajinya dua. Rangkap. Biaya operasionalnya dapat nggak ya?” kata Isran disambut tawa hadirin. 

“Ya dapatlah lae (paman).. suka-suka kaulah pokoknya…” imbuh bekas Bupati Kutai Timur  yang lagi-lagi disambut riuh tepuk tangan dan tawa. 

“Tahu ndak lae. Ada 2 lae di sini. (Yang satu) dari Kaltim dan Sumatera Utara. Lae di Kaltim sejenis buah yang dimakan. Lae ini tukang makan,” lagi-lagi disambut tawa para undangan. 

Tak sampai di situ, Isran juga menggoda mantan Bupati PPU, Hamdam. 

“Siapa nama bupati sebelumnya? Bupati ibu kota negara. Sayang, habis masa jabatannya,” ujarnya. Belum berhenti tawa undangan, Isran kembali menambahkan. 

BACA JUGA:

“Don’t worry. Jangan khawatir. Gubernur dan wakil gubernur, satu oktober tewas,” katanya. 

“Tinggal berapa hari lagi? Sepuluh hari lagi. We are in the same boat. Itu bahasa orang Kota Bangun,” kata Isran lagi. 

Kepada Makmur Marbun, Isran berseloroh jika Kaltim punya bahasa internasional, dan memiliki kota yang tidak kalah dengan dengan Ney York, Berlin, London, Paris, Beijing, Seoul dan Tokyo. 

“Kota tidak pernah tidur. Namanya Kota Bangun,” kata Isran disambut gerrr hadirin. Pada kesmepatan itu, Isran menyampaikan apresiasi kepada Hamdam yang dinilai sudah melaksanakan tugas dengan baik. 

“You’re very good. Excellent. Tugasmu yang berat itu diambil alih oleh lae Marbun. Besok akan datang juga opung LBP (Luhut Binsar Pandjaitan). Dengan investor dari Uni Emirat Arab,” kata Isran. 

BACA JUGA:

Selain Menko Marinvest LBP, hari berikutnya Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan mengunjungi IKN. 

“Dia akan meninggalkan istana lama ke istana baru. Walaupun nanti dalam bentuk kemah. Iya bener ini. Kemahnya sudah disiapkan. (Tapi) Beda dengan kemah pramuka. Kalau pramuka keringatan, kalau ini tidak perlu kipas-kipas, karena dingin,” ujarnya. 

Isran mengaku akan mendampingi kunjungan kerja gubernur dan akan ikut berkemah.  

Pada kesempatan itu, gubernur menyampaikan banyak kegiatan yang terkait dengan IKN. Ia meminta Penjabat Bupati PPU tak tersinggung ketika mantan Bupati PPU, Hamdam, masih dilibatkan dalam urusan IKN. 

“Karena dia yang memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya IKN sehingga masyarakat bisa menarima,” imbuhnya. 

Menurut Isran, masyarakat sangat menerima keberadaan IKN, bahkan memberikan kesempatan, peluang dan penghargaan kepada pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan kabupaten. ***