Seorang petugas memeriksa pipa saluran air. Gubernur Kaltim Isran Noor menyebut capaian akses layanan air layak, telah melebihi target.Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Kabar Ibu Kota

Gubernur Kaltim Isran Noor Klaim Capaian Akses Air Minum Layak Lampaui Target

  • IBUKOTAKINI.COM – Target capaian akses air minum layak di akhir tahun 2022 adalah 68,53 persen, namun realisasi capaian akses sebesar 78 persen. Lebih tinggi dari target.
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor mengeklaim pembangunan akses air minum layak, telah mencapai target yang ditetapkan.  

Tercatat, pada awal 2018 capaian akses air minum layak di Kaltim sebesar 54,59 persen. Hingga awal tahun 2021 telah mengalami peningkatan menjadi 70,78 persen dari target 66,53 persen.

Adapun target capaian akses air minum layak di akhir tahun 2022 adalah 68,53 persen, dan berdasarkan data yang dihimpun Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Provinsi Kalimantan Timur capaian akses air minum layak pada akhir tahun 2022 meningkat menjadi 78 persen.

"Artinya capaian sudah melebihi target yang diinginkan," ucap Gubernur Kaltim Isran Noor ketika meresmikan Unit Produksi dan Sarana Penunjang SPAM Instalasi Pengolahan Air Bersih (IPA) yang dikelola Perumdam Tirta Kencana terletak di Jalan Cendana Komplek PDAM RT 07 Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kamis 8 Juni 2023.

BACA JUGA:

Isran mengatakan kebutuhan dasar masyarakat, seperti air bersih adalah hal yang menjadi utama bagi masyarakat dan wajib diberikan pemerintah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kaltim Aji Fitra Firnanda menjelaskan, keberhasilan itu tidak lepas dari kebijakan dan perhatian selama kepemimpinan Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi.

Artinya, ini bagian perhatian serius Pemerintah Provinsi Kaltim kepada rakyat Benua Etam.

Selama RPJMD tahun 2019-2022 kontribusi kegiatan APBD Provinsi Kaltim melaui Dinas PUPR dan Perumahan Rakyat khususnya di Samarinda kurang lebih 12 kegiatan telah terlaksana untuk air bersih.

Salah satunya, IPA Distribusi dan Booster dengan alokasi kurang lebih mencapai Rp113 miliar.

"Sementara untuk capaian target air minum hingga akhir masa jabatan Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi di Kaltim telah ditunaikan dengan melebihi target. Semua itu, juga berkat kolaborasi dilakukan Pemprov Kaltim dengan kabupaten dan kota se Kaltim," ungkapnya. ***