Gubernur Kaltim Isran Noor
Kabar Ibu Kota

Gubernur Kaltim Isran Noor Ungkap Kontribusi untuk NKRI

  • IBUKOTAKINI.COM - Sejak Indonesia merdeka, Kaltim telah memberikan kontribusi besar bagi bangsa Indonesia. Mulai dari hasil minyak dan gas, perkayuan hingga tambang batu bara saat ini.
Kabar Ibu Kota
Bambang Susilo

Bambang Susilo

Author

KUTAI TIMUR, IBUKOTAKINI.COM - Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor kembali mengungkap kontribusi besar Kaltim untuk Indonesia. Ketua umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) menyebut Kaltim seperti lilin yang rela berkorban demi menerangi nusantara.

"Kalimantan Timur itu ibaratnya lilin. Lilin itu memberikan cahaya untuk lingkungannya, tapi dirinya sendiri terbakar, meleleh," kata Gubernur Isran Noor saat bertemu warga Desa Kadungan Jaya dan sekitarnya di Kaubun, Kutai Timur, Rabu (3/8/2023).

Sejak Indonesia merdeka, Kaltim telah memberikan kontribusi besar bagi bangsa Indonesia. Mulai dari hasil minyak dan gas, perkayuan hingga tambang batu bara saat ini.

Terbaru, pada tahun 2022, saat dunia baru pulih dari pandemi Covid-19, Kaltim memberikan kontribusi terbesar terhadap perekonomian nasional.

"Tahun 2022, surplus ekspor Kaltim mencapai USD 32 miliar, sekitar Rp500 triliun. Paling besar di Indonesia," ungkap Gubernur dalam pernyataan resmi yang dikutip Minggu, 6 Agustus 2023. 

BACA JUGA:

Mantan bupati Kutai Timur itu mengandaikan, jika uang sebesar itu hanya digunakan untuk membangun Kaltim, maka rakyat Benua Etam, sudah tentu akan jauh lebih sejahtera dari warga Brunei Darussalam, Belanda, bahkan Swiss.

"Tapi karena bangsa kita adalah bangsa kesatuan dan persatuan, apa saja yang dihasilkan daerah manapun, harus juga dirasakan daerah manapun di nusantara," tegas Gubernur.

Hebatnya lagi, meski sudah banyak berkorban untuk Indonesia dan merasakan banyak ketidakadilan pusat, Kaltim tak sekalipun pernah menuntut untuk merdeka dan keluar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Itulah hebatnya Kalimantan Timur. Selalu setia, taat dan patuh kepada NKRI. Alhamdulillah uang pusat yang turun ke Kaltim sudah melebihi target RPJMD. Target kita Rp30 triliun, yang turun hampir Rp70 triliun untuk bangun Kaltim," ungkap Gubernur. ***