Advertorial

Hadir di IKN Properti Expo, Bankaltimtara Syariah Wujudkan Investasi Cerdas dan Berkah

  • IBUKOTAKINI.COM - Pakar investasi senantiasa mengingatkan Dari semua pilihan investasi, produk seperti residensial/hunian menjadi instrumen investasi yang sanga
Advertorial
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM - “Jangan pernah menaruh telur dalam satu keranjang”. Ungkapan ini sangat dikenal dalam dunia investasi. Pembaca juga sudah memahami jika ungkapan di atas mengandung pengertian bahwa kita sebaiknya tidak menempatkan investasi hanya pada satu instrumen.

Dari sekian banyak pilihan investasi, mulai dari deposito, saham, reksadana, emas, dan lain sebagainya, ada satu instrumen yang dikenal sangat menjanjikan, yakni properti. Terutama dari produk seperti residensial atau hunian, maupun properti komersial, layaknya ruko maupun perkantoran. 

Properti disebut sebagai instrumen investasi yang sangat disarankan di segala kondisi ekonomi. Apalagi, cara mendapatkannya juga semakin mudah. Misalnya melalui KPR (Kredit Pemilikan Rumah), semua orang dapat mewujudkan impiannya memiliki properti. Baik untuk hunian sendiri, maupun investasi.

Ada banyak alasan kenapa mengambil cicilan rumah dengan sistem KPR penting dilakukan sesegera mungkin. Terutama untuk Anda yang masih dalam usia produktif. Namun beberapa orang memang memilih untuk membeli rumah secara tunai agar tidak memiliki tanggungan keuangan di masa depan. Namun pilihan ini tentu tidak berlaku untuk semua orang, mengingat harga rumah terus naik dari tahun ke tahun.

Baca juga:

Lalu, kapan rumah bisa terbeli jika setiap tahunnya harga selalu naik? Harus menabung sampai berapa tahun sampai bisa membeli rumah secara cash?

Pembiayaan KPR melalui program Griya Berkah adalah salah satu alternatif bagi seseorang yang menginginkan kepemilikan rumah, namun dana tunai yang dimiliki tak mencukupi sesuai dengan harga beli rumah. pembiayaan dilakukan berdasarkan prinsip Murabahah dimana Bankaltimtara Syariah membiayai pembelian rumah/apartemen yang diperlukan oleh Nasabah sebesar harga pokok ditambah dengan margin keuntungan bank yang disepakati. KPR program Griya Berkah bisa untuk pembelian rumah ready stock atau rumah inden (untuk developer yang sudah bekerjasama dengan BankaltimtaraSyariah).

Pembiayaan dengan prinsip syariah

KPR Griya Berkah dijalankan sesuai dengan prinsip Syariah dengan menggunakan akad Murabahah, Istishna, MMQ, atau IMBT.

DP rendah

Program Griya Berkah memudahkan nasabah untuk dapat memiliki hunian idaman hanya dengan DP mulai 10% dari harga rumah yang ditawarkan.

Jangka waktu sampai dengan 20 tahun

Nikmati pembiayaan dengan jangka waktu s.d 20 tahun. Kemudahan ini membuat nasabah bisa mendapatkan rumah pilihan yang lebih baik namun dengan angsuran yang ringan.

Bebas Biaya Apprisal

Nasabah bebas memilih hunian nya tanpa khawatir biaya proses appraisal yang tinggi.

Kepastian angsuran

Dengan margin yang sudah disepakati diawal, nasabah akan mendapatkan angsuran yang pasti sampai pembiayaan selesai. Tanpa terpengaruh fluktuasi suku bunga.

Bankaltimtara Syariah akan hadir di IKN Properti Expo yang akan diselenggarakan mulai 20 Agustus hingga 28 Agustus 2022.

Selain pembiayaan properti, Bankaltimtara Syariah juga punya program menarik lainnya. Berikut adalah dua di antaranya: 

1. Gadai Emas Berkah (RAHN)

Biaya kesehatan dan pendidikan kerap tak bisa diduga berapa jumlahnya. Kebutuhan ini kerap datang secara mendadak, padahal anggaran keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sudah terpetakan.

Umumnya selama ini masyarakat kerap ditawarkan asuransi yang bisa mengatasi persoalan biaya kesehatan dan pendidikan. Tetapi, kini ada pilihan lain untuk memenuhi keperluan mendadak, yakni sistem gadai emas berbasis syariah. Berbeda dengan tempat pegadaian konvensional, gadai emas syariah menerapkan prinsip pembiayaan qardh kepada nasabah.

Secara umum gadai emas syariah merupakan pemberian pinjaman secara syariah dengan sistem gadai yang diberikan ke seluruh golongan nasabah untuk kebutuhan konsumtif maupun produktif dengan jaminan emas (emas perhiasan, emas batangan) dan berlian yang terikat emas.

Emas yang dijaminkan akan dipelihara , dan atas pemeliharaan tersebut yang dimaksud mendapatkan jasa sewa berdasarkan prinsip ijarah. Fasilitas lain yang dijaminkan yaitu fleksibilitas dalam pelunasan sesuai kemampuan serta biaya administrasi yang dibebankan ringan dan terjangkau berdasarkan berat emas. Jangka waktu pinjaman maksimal 120 hari dan dapat diperpanjang.

Melalui produk ini masyarakat yang membutuhkan dana mendesak dapat dilayani, baik untuk keperluan tahun ajaran baru sekolah, berobat, dan kebutuhan yang lainya. Bagi masyarakat yang tertarik, cara mendapatkannya juga cukup mudah, aman, dan relatif cepat.

Gadai emas di Bankaltimtara Syariah memiliki berbagai macam keuntungan. Keuntungan tersebut mencakup kedua belah pihak, seperti:

a. Nilai emas akan selau aman. Jika emas yang Anda gadaikan adalah emas murni, tentu nilainya akan stabil bahkan semakin melonjak. Selain itu, emas tidak memiliki masa kadaluarsa atau jangka waktu maksimal penggunaan. Dengan begitu, emas juga bisa dijadikan investasi jangka panjang melalui cara digadaikan.

b. Saat digadaikan, keberadaan emas akan terjaga. Hal ini disebabkan karena emas tidak memiliki nilai fungsi kegunaan seperti motor atau barang elektronik. Apalagi jika emas yang digadaikan dalam bentuk batangan dan bukan perhiasan. Otomatis emas tersebut akan tersimpan dengan aman dan tidak disewakan kepada nasabah lain oleh pihak bank.

c. Proses gadai emas di bank syariah terbilang cukup mudah. Emas yang akan digadaikan hanya akan diperiksa keaslian dan ukurannya. Berbeda dengan gadai kendaraan bermotor yang mengharuskan melakukan pengecekan terperinci. Dengan begitu, gadai emas di bank syariah sangat dianjurkan bagi Anda yang sedang membutuhkan dana cepat.

d. Karena emas memiliki nilai jual yang tinggi, maka uang hasil gadai emas di bank syariah yang bisa didapatkan pun juga tinggi dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Dengan kata lain, menggadaikan emas tidak akan membuat rugi.

e. Gadai emas di bank syariah tidak membutuhkan banyak syarat. Jadi, proses pencairan dananya terbilang cepat, praktis, dan efisien.

2. Murabahah Beragun Emas (MBE)

Emas selalu menjadi instrumen investasi yang dicari orang. Nilainya yang stabil serta likuid membuat investasi di instrumen ini tidak pernah lekang oleh waktu. Di saat krisis, banyak yang memindahkan dana dengan membeli emas karena dianggap instrumen yang aman.

Apalagi beberapa saat yang lalu, harga emas sempat mengalami peningkatan yang cukup tajam. Membuatnya makin dicari orang sebagai sarana investasi.

Trend harga emas terus meningkat sepanjang waktu. Saat ini, anda harus menyediakan uang hingga 990 ribu untuk membeli 1 gram emas.

Memanfaatkan kondisi ini, muncullah fasilitas atau produk pembiayaan kepemilikan emas yang diluncurkan oleh Bankaltimtara Syariah. Dengan pembiayaan ini, hambatan besarnya modal untuk membeli emas dapat diperingan dengan bantuan pembiayaan dari bank.

Secara garis besar, tujuan dari melakukan kegiatan investasi emas adalah untuk menabung demi menghadapi kesulitan keuangan di masa yang akan datang. Selain itu, harga emas relatif lebih stabil dibandingkan dengan bentuk investasi lainnya. Contohnya adalah saat nilai mata uang di sebuah negara mengalami penurunan, maka nilai emas tak akan terpengaruh. Meskipun apabila nilai emas mengalami penurunan, namun tak akan sampai drastis layaknya mata uang pada umumnya. ###