Balikpapan Single Window, salah satu program pendukung pemerintahan berintegritas yang dikenalkan Pemkot Balikpapan dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2022.
Kabar Ibu Kota

Hakordia 2022, Pemkot Balikpapan Kenalkan Program Pendukung Pemerintahan Berintegritas

  •  IBUKOTAKINI.COM– Pemerintah Kota Balikpapan mengenakan program pendukung pemerintahan berintegritas dalam kegiatan Integrity Expo dalam rangka memperingat
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM– Pemerintah Kota Balikpapan mengenakan program pendukung pemerintahan berintegritas dalam kegiatan Integrity Expo dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2022. 

Program pendukung pemerintahan berintegritas tersebut ialah Dukcapil Go Digital yang diterbitkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Kemudian Mal Pelayanan Publik sebagai pusat penyelenggaraan pelayanan publik atas barang, jasa dan atau pelayanan administrasi yang merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu yang cepat, mudah, terjangkau, aman, dan nyaman. 

Selanjutnya ada layanan whistleblowing sistem atau pengaduan, berikutnya one map one data, serta Balikpapan Single Window.

Program pendukung pemerintahan berintegritas tersebut dikelola lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Mulai dari Dina Penanaman Modal dan Perimizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang (DPPR), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Perhubungan (Dishub), dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). 

BACA JUGA:

Program-program tersebut dikenalkan melalui stan Pemerintah Kota Balikpapan yang mengikuti Integrity Expo pada Jumat (9/12/2022) sampai Sabtu (10/12/2022) di Menara Bidakara, Jakarta. 

Selama dua hari pelaksanaan expo, stan Pmekot Balikpapan telah dikunjungi 565 orang, yang terdiri dari 230 pengunjung di hari pertama, dan 335 pengunjung di hari terakhir. 

Inspektur Pembantu II Kota Balikpapan, Tommy Alfianto mengatakan, para pengunjung menyatakan ketertarikannya terhadap inovasi Pemkot Balikpapan dalam mewujudkan pemerintahan berintegritas. 

Pada kegiatan itu, pengunjung juga diajak berinteraksi melalui games berupa kuis yang menguji wawasan pengunjung terkait Kota Balikpapan yang menjadi penyangga ibu kota negara baru.

BACA JUGA:

Para pengunjung yang berhasil menjawab, bisa mendapatkan souvenir menarik khas Balikpapan seperti clutch, dompet, atau kalung manik. 

"Terimakasih atas dukungannya dalam beberapa program berkaitan dengan penyelanggaraan pemerintah yang berintegritas di Kota Balikpapan. Atas tercapainya pencegahan korupsi di Pemerintah Kota Balikpapan," kata Tommy Alfianto (10/12/2022).

Ia berharap, semakin banyak OPD yang terlibat dalam pelaksanaan Hakordia diperingati setiap 9 Desember.  Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) merupakan bentuk komitmen global untuk memerangi korupsi. Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan Hakordia sejak 2003.

Hakordia menyatukan bangsa-bangsa di dunia melawan kosupsi yang dianggap sebagai musuh bersama karena efek menghancurkan yang ditimbulkan. Di Indonesia, KPK menyelenggarakan Peringatan Hakordia dengan sosialisasi, kampanye dan kesadaran akan bahaya korupsi di masyarakat melalui berbagai program dan acara menarik. ###