Hari Amal Bhakti Kemenag ke 78, Menag: Ajak ASN Jaga Netralitas
Kabar Ibu Kota

Hari Amal Bhakti Kemenag ke 78, Menag: Ajak ASN Jaga Netralitas

  • BALIKPAPAN – Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Pemerintah Kota Balikpapan, Andi Muhammad Yusri Ramli menghadiri, sekaligus inspektur upacara Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke-78 Tahun 2024 di Halaman Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Balikpapan, pada Rabu, 3 Januari 2024.
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Pemerintah Kota Balikpapan, Andi Muhammad Yusri Ramli menghadiri, sekaligus inspektur upacara Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke-78 Tahun 2024 di Halaman Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Balikpapan, pada Rabu, 3 Januari 2024.

Dalam sambutan tertulisnya dibacakan Asisten II Andi Muhammd Yusri, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak jajarannya untuk selalu meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan sesuai spirit dam cita-cita terbentuknya Kementerian Agama.

Menurut dia, Kementerian Agama sebagai institusi yang memiliki tanggung jawab menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama dan pendidikan keagamaan.

Selain itu, menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional adalah salah satu tugas yang diemban. “Tugas ini bukanlah tugas yang ringan,” tegasnya.

Setiap pergantian tahun adalah momen untuk merayakan spirit ganda yang muncul dari pergantian tahun dan peringatan hari lahir Kementerian Agama. Dengan tema peringatan Indonesia Hebat Bersama Umat, Menag ingatkan jajarannya melakukan pelayanan yang didasari panggilan hati, sehingga bersama umat menuju Indonesia yang hebat.

“Mari bersama-sama menjadikan pelayanan umat sebagai panggilan hati, bukan sekadar kewajiban birokrasi,” pesannya.

BACA JUGA:

Selain itu, Kementerian Agama juga memiliki tugas untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama. Bekal pendidikan agama yang moderat adalah fondasi kokoh dalam mewujudkan kerukunan umat beragama demi tercapainya tujuan pembangunan. 

“Melalui berbagai program reguler dan tujuh program prioritas kementerian agama, kita terus bekerja keras melaksanakan tugas-tugas yang dimandatkan kepada kita semua,” katanya.

Pada tahun 2024, Indonesia dihadapkan pada pemilihan umum, Menag mengajak seluruh ASN Kementerian Agama untuk menjaga netralitas sesuai ketentuan perundangan.

Dengan netralitas, maka bersama-sama menciptakan suasana yang kondusif di tengah masyarakat.

"Menjaga pemilihan umum dari potensi politik identitas, terutama identitas keagamaan," tutupnya.

Dalam kesempatan itu, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Balikpapan juga menyerahkan Anugerah Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya kepada tiga pegawai dengan masa kerja 10 hingga 30 tahun. (*)