Kombes Pol Anton Firmanto
Balikpapan

Hari Bhayangkara ke 78, Polresta Balikpapan Dekatkan Diri ke Masyarakat

  • Polresta Balikpapan terus menjaga keamanan Balikpapan agar selalu kondusif, apalagi Kota Balikpapan menjadi kota penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN), yang mana akan banyak para tamu maupun pendatang ke Kota Balikpapan.
Balikpapan
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 Bhayangkara, menjadi momentum bagi Kepolisian untuk terus meningkatkan pendampingan kepada semua lapisan masyarakat.

Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Anton Firmanto mengatakan Polresta Balikpapan dalam  melaksanakan kegiatan selalu mendekatkan diri kepada masyarakat.

Salah satunya seperti saat ini dalam peringatan HUT ke 78 Bhayangkara, Polresta Balikpapan menggandeng Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Tak hanya itu, Polresta Balikpapan terus menjaga keamanan Balikpapan agar selalu kondusif, apalagi Kota Balikpapan menjadi kota penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN), yang mana akan banyak para tamu maupun pendatang ke Kota Balikpapan.

"Masyarakat masuk pertama kali baik dari darat maupun laut itu  ke Kota Balikpapan," ucapnya usai upacara peringatan HUT ke 78, di Halaman Balai Kota Balikpapan, pada hari Senin, 1 Juli 2024.

Terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Kapolresta Balikpapan meminta kepada masyarakat khususnya masyarakat Balikpapan, untuk menjaga kondusifitas terkait persiapan dalam melaksanakan rangkaian pilkada serentak.

BACA JUGA:

"Kita sudah mendapatkan arahan dari Menkopolhukam dan Mendagri terkait pelaksanaan Pilkada," ujarnya.

Polresta Balikpapan akan memulai tahapan Manta Praja pada bulan Agustus mendatang, sebagai upaya pengamanan pilkada di Kota Balikpapan.

Meskipun demikian, Polresta Balikpapan terus melakukan pengamanan di Kota Balikpapan, agar Balikpapan tetap kondusif dan layak serta nyaman untuk dihuni, salah satunya dengan sambang kepada masyarakat, patroli blue light yang dilakukan setiap malam Minggu. 

Anton berpesan kepada masyarakat terutama kepada anak-anak muda, supaya tidak pulang larut malam atau pulang pagi. Apabila menggunakan kendaraan, untuk memperhatikan kelengkapan surat kendaraan serta kendaraan bermotor yang digunakan. "Tidak menggunakan knalpot yang membuat warga tidak nyaman," katanya.

Polresta Balikpapan gencar melakukan patroli malam untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan kenyamanan masyarakat Balikpapan. Patroli yang dilakukan di sejumlah kawasan, dengan tujuan untuk meningkatkan keamanan melalui kegiatan preemtif dan preventif. ***