Hari Guru Nasional, Peran Guru Jadi Garda Terdepan Ciptakan Anak Berkualitas
Kabar Ibu Kota

Hari Guru Nasional, Peran Guru Jadi Garda Terdepan Ciptakan Anak Berkualitas

  • BALIKPAPAN - Momentum  Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional,
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Momentum  Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional, Wali Kota Balikpapan, H Rahmad Mas'ud mengharapkan para guru dapat menciptakan generasi yang berkualitas dan mampu menjadi anak yang cerdas.

"Saya berdiri di sini, karena jasa para guru. Mudah-mudahan jasa para guru dapat dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT," ucapnya saat memberikan sambutan pada pelepasan jalan santai yang diikuti ribuan guru Se Kota Balikpapan, di Balikpapan Sport Convention Center (BSCC)/DOME pada Minggu 26 November 2023.

Ia berharap kedepannya peran guru menjadi mitra dan menjadi garda terdepan untuk menciptakan anak-anak yang berkualitas, tentunya juga diiringi dengan tenaga pendidik yang berintegritas dan memiliki kualitas, sehingga benar-benar menjadi anak yang cerdas, sesuai dengan visi misi untuk menciptakan generasi emas tahun 2045.

Pemerintah Kota berkomitmen dalam mendukung dunia pendidikan. "Bagaimana membangun fasilitas dan infrastruktur terhadap pendidikan Kota Balikpapan, misalnya tahun ini ada beberapa sekolah yang selesai dibangun. Insyaallah tahun depan pun demikian, tapi apakah ini cukup, ini akan menjadi tantangan ke depan," ujarnya.

BACA JUGA:

Pasalnya, Kota Balikpapan kekurangan guru dan ini menjadi tantangan. Sekitar hampir seribu tenaga guru dibutuhkan di Kota Balikpapan. Menciptakan infrastruktur tentunya diiringi dengan sumber daya manusia yaitu guru. 

"Kita komunikasikan dengan pemerintah pusat. Mudah-mudahan tahun depan bisa ditambah lebih daripada 1000. Kita doakan, tenaga pendidik kita tidak kekurangan lagi," ungkap Rahmad Mas’ud.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Irfan Taufik mengatakan dalam rangka memperingati HUT ke 79 PGRI dan Hari Guru Nasional berbagai kegiatan digelar, salah satunya jalan santai yang mengangkat tema "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar".

"Ini bentuk solidaritas semua guru, bersatu menyatakan diri bahwa kita mendukung merdeka belajar sesuai tema yang diangkat dengan Kementerian," terangnya.

Ia berharap dengan hari guru bisa meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia yaitu guru, karena saat ini berada diposisi transformasi pendidikan dari conventional menjadi merdeka belajar.

"Jadi pembelajaran boleh dilakukan di mana saja, kapan saja kemudian dengan metode apa saja, sampai dengan metode itu mempermudah anak-anak kita untuk menerima pelajaran-pelajaran. Ini komitmen bersama dalam mendukung implementasi merdeka belajar," katanya.

Akan banyak hal yang menjadi tantangan kedepan Kota Balikpapan, terutama Balikpapan menjadi mitra startegis IKN, sehingga pasti sedikit banyaknya punya pengaruh besar terhadap dunia pendidikan. 

"Yang paling krusial itu, ketersedian sarana prasarana dan ketersedian sumber daya manusia. Itu yang menjadi tantangan kedepan," pungkasnya. 

Peringatan Hari Guru Nasional dan PGRI diperingati dengan berbagai kegiatan. Salah satunya jalan sehat yang berlangsung pada hari ini Minggu di Dome Balikpapan. Kemudian besok Senin akan berlangsung Upacara. (*)