Hari Kesehatan Nasional ke 59, Balikpapan Launching Program Deteksi Dini Kanker dan Vaksin DBD, Minggu 12 November 2023
Kabar Ibu Kota

Hari Kesehatan Nasional ke 59, Balikpapan Launching Program Deteksi Dini Kanker dan Vaksin DBD

  • BALIKPAPAN – Bertepatan di Hari Kesehatan Nasional ke 59, Pemerintah Kota Balikpapan melaunching Program Deteksi Dini Kanker Serviks dan Vaksin Dema
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Bertepatan di Hari Kesehatan Nasional ke 59, Pemerintah Kota Balikpapan melaunching Program Deteksi Dini Kanker Serviks dan Vaksin Demam Berdarah Dengue, di Gedung Kesenian Balikpapan pada Ahad, 12 November 2023.

Launching dihadiri Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik didampingi Pj Ketua TP PKK Kaltim Yulia Zubir Akmal Malik dan Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Muhaimin, Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Jaya Maulimin, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Andi Sri Juliarty dan seluruh tim Dinas Kesehatan serta tenaga medis di Balikpapan. 

Program Deteksi Dini Kanker Serviks melalui Pemeriksaan Urine dengan Metode PCR HPV-DNA. Di mana sasarannya lebih dari 14 ribu usia produktif. Sementara vaksin DBD akan diprioritaskan kepada daerah yang jumlah kasusnya tinggi salah satunya Balikpapan Utara. 

Launching ditandai dengan menekan layar dan vaksin DBD kepada dua siswa Sekolah Dasar di Balikpapan yang disaksikan para undangan. 

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik mengatakan launching Program Vaksin DBD dan Program Deteksi Dini Kanker Serviks melalui Pemeriksaan Urine dengan Metode PCR HPV-DNA, merupakan terobosan pertama di Indonesia.

BACA JUGA:

"Pelaksanaan vaksinasi DBD itu hampir belum pernah dilakukan dan pertama kali dilakukan di Indonesia dan disponsori oleh PT Takeda. Dan terima kasih sudah memberikan sponsor, dibantu Dinas Kesehatan Kaltim," kata Akmal Malik.

Lanjutnya, launching vaksinasi DBD untuk pertama dilakukan di Indonesia adalah Kalimantan Timur. Dan menurut dia, ini luar biasa di mana Indonesia mencatat sejarah vaksinasi DBD pertama dilakukan di Kota Balikpapan.

"Balikpapan mencatat sejarah sebagai daerah otonom pertama yang melaksanakan vaksinasi, karena memang kota ini selalu terdepan dalam melakukan inovasi-inovasi karena walikotanya hebat, masih muda dan selalu melakukan berbagai inovasi yang hebat," pujinya.

Inovasi yang kedua dilakukan Balikpapan adalah deteksi di kanker serviks yang selama ini menjadi momok bagi ibu-ibu dan perempuan. 

"Ini juga pertama kali dilakukan di Indonesia dan sekali lagi dilakukan di Balikpapan," tandas Akmal Malik yang langsung mendapatkan apresiasi dari seluruh undangan yang memenuhi Gedung Kesenian Balikpapan.

Hari Kesehatan Nasional ke 59 di Balikpapan diperingati dengan berbagai kegiatan. Di gedung kesenian digelar sejumlah pameran, doorprize dengan hadiah utama sepeda motor, dan senam bersama. (*)