Susur Sungai Tunan
Kabar Ibu Kota

Hari Pariwisata Dunia, Kaltim Gelar VKF 2020

  • Hari Pariwisata Dunia, Kaltim Gelar VKF 2020

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Kawasan Ibukota Negara (IKN) baru menjadi daya tarik tersendiri bagi pariwisata di Kalimantan Timur. Kabupaten Penajam Paser Utara salah satu kawasan memiliki berbagai potensi objek wisata unggulan.

Dengan berbagai keeksotisan serta kekayan flora dan fauna. Objek wisata Sungai Tunan di Kecamatan Waru, Kampung Waru Tua juga menjadi daya tarik pariwisata.

Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur menggelar Kegiatan Susur Sungai Tunan yang merupakan rangkaian dari virtual event Visit Kaltim Fest (VKF) 2020 bertema “Dari IKN untuk Nusantara.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Sri Wahyuni, sebagai rangkaian VKF 2020, Susur Sungai Tunan dikemas dua paket. Yakni, memperkenalkan atraksi Sungai Tunan yang memiliki potensi habitat bekantan dan memperkenalkan kesenian musik Kaltim.

Diakuinya, meski susur sungai lebih awal namun dalam rangkaian virtual VKF 2020 merupakan seri ke II dari virtual VKF 2020. Disebutkannya, virtual VKF terdiri III Seri, dimana Seri I merupakan Festival Tari Nusantara bertema Dari IKN untuk Nusantara pada 27 September atau bertepatan Hari Pariwisata Dunia.

Sedangkan, Seri II merupakan Susur Sungai Tunan yang akan ditayangkan secara virtual pada 9 Oktober 2020, dan mengakhiri rangkaian VKF 2020, Dispar akan melaksanakan di Miau Baru dengan tema Mengungkap Atraksi Budaya dan Pariwisata Masyarakat Kayan.

“Susur sungai bagian VKF 2020, dirangkai peringatan Hari Pariwisata Dunia. Saat pelayaran kami menampilkan atraksi seni musik dan tari dari atas perahu," jelasnya.

Sri Wahyuni menambahkan kegiatan memberi ruang kreasi bagi para penggiat seni, juga berdampak multiplier effect bagi para pekerja di sektor pariwisata terutama event organizer (EO).

Tak hanya kegiatan diatas kapal, namun panitia bekerjasama dengan masyarakat sekitar menyajikan wisata kuliner khas Penajam Paser Utara seperti, bubur merah, bubur putih, lempeng sagu, lempeng pisang, lempeng singkong, tuak nira dan madu hutan Kalimantan disekitar dermaga.

Pecinta pariwisata bisa menyaksikan puncak kegitan VKF 2020 pada 27 September 2020 pukul 15.30 – 17.00 Wita secara live virtual event dari Penangkaran Rusa melalui akun Youtube https://youtu.be/wPgWvk5c6vc.