Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi salah satu sentra pertanian di wilayah Ibu Kota Nusantara.
Kabar Ibu Kota

Hari Tani, Sektor Pertanian Tetap Eksis dan Unggul di Kaltim

  • IBUKOTAKINI.COM – Peringatan Hari Tani Nasional 2021, dilaksanakan dengan panen raya jagung nusantara di lahan Kelompok Tani Saka Makmur. Dilanjutkan dengan pem
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Peringatan Hari Tani Nasional 2021, dilaksanakan dengan panen raya jagung nusantara di lahan Kelompok Tani Saka Makmur. Dilanjutkan dengan pemberian bantuan alat tanam jagung bagi Poktan Saka Makmur yang berlokasi di Desa Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara,

Gubernur Kaltim Isran Noor mensyukuri dalam kondisi pandemi dan serba terbatas, di Kaltim masih mampu memanen jagung. 

"Kita patut bersyukur, di kondisi sulit dan serba terbatas tapi masih bisa panen jagung," kata Gubernur Isran Noor, Rabu (29/9/2021).

Khusus kegiatan panen raya hari ini, lanjutnya, ada sekitar 30 hektar dilakukan serentak. Selain, Kutai Kartanegara, juga Berau, Samarinda, Paser, Kutai Timur dan Penajam Paser Utara.

Menurut Gubernur, lahan dan kawasan pertanian pangan komodoti jagung di Kaltim cukup luas dan produktif yang tersebar merata di kabupaten dan kota.

"Produksi jagung kita ini besar. Stok rata-rata bulanan 1.000 ton dan panen rata-rata bulanan 5.000 ton," sebutnya, dihadapan Kepala Dinas Pangan TPH Siti Farisyah Yana, pimpinan OPD Pemprov Kaltim dan Pemkab Kukar, jajaran Forkopimda Kukar, anggota Poktan Saka Makmur serta Penyuluh Pertanian Lapang.

Bagi orang nomor satu Benua Etam ini, komoditi pertanian Kaltim cukup beragam, selain jagung, juga padi, serealia, tanaman hutan (porang), bahkan sawit.

"Alhamdulillah, kita ikut perkembangan, walaupun Kaltim ini dari segi komoditi utama memang di sektor pertambangan, tapi sektor pertanian kita tetap eksis dan unggul," pungkas mantan Bupati Kutai Timur ini.

Kawasan Poktan Saka Makmur memiliki luas hamparan 80 ha dan luas dipanen 4,5 ha terdiri varietas Bisi 226 dengan produktivitas 4,8 ton.