Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas'ud
Politik

Hasanuddin Mas'ud Dilantik Sebagai Ketua DPRD Kaltim Periode 2024-2029

  • Hasanuddin Mas’ud memperoleh 42.885 suara pada Pemilu 2024
Politik
Hadi Zairin

Hadi Zairin

Author

IBUKOTAKINI.COM – Politisi Partai Golkar, Hasanuddin Mas’ud, yang akrab disapa Hamas, resmi dilantik sebagai Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) periode 2024-2029. 

Pelantikan sekaligus pengambilan sumpah/janji berlangsung di Gedung DPRD Kaltim Karang Paci, Samarinda, Kamis (10/10/2024), dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik.

Hasanuddin Mas’ud, yang memperoleh 42.885 suara pada Pemilu 2024, menggeser Abdulloh, politisi Golkar lainnya yang meraih suara terbanyak dengan 48.180 suara. 

Keduanya berasal dari Daerah Pemilihan Kaltim 2 yang meliputi Kota Balikpapan. 

BACA JUGA:

Bersama Hamas, tiga pimpinan lainnya yang turut dilantik adalah Ekti Imanuel, Ananda Emira Moeis, dan Yenni Eviliana sebagai Wakil Ketua DPRD Kaltim. 

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik, menekankan pentingnya peran DPRD sebagai mitra strategis pemerintah dalam merumuskan kebijakan pembangunan yang berkeadilan.

“Sinergi antara DPRD dan Pemerintah Provinsi Kaltim sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan pembangunan, sehingga potensi daerah dapat dioptimalkan melalui kebijakan yang progresif dan inklusif,” ujar Akmal Malik.

Ia juga menegaskan pentingnya hubungan checks and balances antara legislatif dan eksekutif agar pelayanan publik dapat berjalan dengan baik.

BACA JUGA:

"Kami berharap seluruh jajaran pimpinan dan anggota DPRD bersinergi dengan stakeholder dalam mewujudkan visi pembangunan berkelanjutan dan berdampak langsung pada kesejahteraan," harap Akmal.

Akmal mengajak pimpinan dan anggota DPRD Kaltim memaksimalkan peran untuk bersama-sama mengawal pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

"Sukses pesta demokrasi bukan semata tanggung jawab penyelenggara, tetapi kewajiban kita semua agar berjalan aman, lancar dan berkualitas," pesannya. ***