DKK Balikpapan saat melakukan pemeriksaan kesehatan
Kabar Ibu Kota

Hidup Manis Tanpa Gula Cara Dinkes Balikpapan Turunkan Kasus Diabetes

  • BALIKPAPAN - Dalam rangka menurunkan angka penyakit Diabetes di Kota Balikpapan yang cukup tinggi, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Dalam rangka menurunkan angka penyakit Diabetes di Kota Balikpapan yang cukup tinggi, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan mempunyai inovasi yakni Balikpapan Hidup Manis Tanpa Gula.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit DKK Balikpapan, Drg Ahmad Jais mengatakan inovasi itu sebagai upaya dan ikhtiar yang dilakukan DKK Kota Balikpapan.

Sebagai upaya pencegahan, salah satunya  dengan melakukan skrining kesehatan secara masif berupa pemeriksaan tekanan darah, kadar gula, asam urat, kolestrol dan konsultasi. 

"Yang paling rentan itu kelompok usia produktif, sehingga skrining banyak menyasar usia produktif," jelasnya, pada hari Kamis 28 Desember 2023. 

Hingga Semester III Tahun 2023, skrining kesehatan untuk usia produktif mencapai 71,23 persen atau 313.962 orang. 

Berdasarkan hasil skrining tersebut, diperoleh 9.418 orang atau tiga persen pra Diabetes Melitus, sembilan persen atau 28.256 orang Diabetes Melitus dan 88 persen dinyatakan sehat.

BACA JUGA:

Untuk penderita pra Diabetes Melitus dan Diabetes Melitus akan melakukan pengobatan dengan membentuk Gerakan Masyarakat (Germas) Khusus Diabetes Melitus di Puskesmas.

Jais berpesan kepada warga kota, untuk mencegah dan mengendalikan Diabetes Melitus dengan rutin melakukan aktifitas fisik, rutin cek kadar gula darah, rutin mengurangi konsumsi gula dengan perbanyak minum air putih.

Di samping itu, memperbanyak makan sayur dan buah, minum teh, kopi dan sejenisnya tanpa penambahan gula, hindari minum soft drink atau sirup, hindari makanan manis buatan atau yang mengandung banyak gula, teratur konsumsi obat dari Dokter bagi yang sudah menderita.

Ia mengingatkan bahwa mengkonsumsi gula lebih dari 50 gram sama dengan empat sendok makan per orang per hari. "Beresiko Penyakit Diabetes Melitus," ungkapnya.

DKK Balikpapan melakukan pencegahan salah satunya dengan melakukan Skrining Kesehatan Penderita Diabetes Melitus ditargetkan 17.412 orang. Hingga Semester III Tahun 2023 sudah mencapai 15.119 orang atau 86.83 persen. (*)