Hoax kakak Jokowi Sekjen Partai Komunis Tiongkok
Tren

Hoax Kakak Besar Jokowi Sekjen Partai Komunis Tiongkok

  • Akun facebook Rismadi mengunggah video penggalan video pidato ucapan selamat datanga Jokowi saat KTT G-20 di Bali tahun 2022.
Tren
Redaksi

Redaksi

Author

BALIKPAPAN – Sebuah akun Facebook dengan nama Rismadi mengunggah video dengan klaim bahwa kakak besar Jokowi adalah sekjen dari Partai Komunis Tiongkok. 

Unggahan pada tanggal 8 April 2024, itu sempat mendapat beragam tanggapan dan komentar dari warganet. 

Akun Rismadi menulis narasi sebagai berikut: 

“KAKAK BESAR JOKOWI SEKJEN PARTAI KOMUN** TIONGKOK

ANAK PKI ITS JOKOWI DI DUKUNG KOMUNISE TIONKK

KALIAN PIKIR JOKOEI PKI HOAX?? INI BENAR COBA ITU 02 MIKIR”

Namun, setelah penelusuran lebih lanjut, klaim ini terbukti tidak benar. Penelusuran dengan kata kunci sekjen kakak besar jokowi partai komunis ditemukan video pada akun youtube @merdekadotcom berjudul "Saat Jokowi Sapa Presiden China Xi Jinping Sebagai 'Kakak Besar'. 

Video tersebut merupakan video ucapan selamat datang di Bali oleh Presiden Jokowi kepada Presiden Xi Jinping dengan sapaan kakak besar dalam acara KTT G20 tahun 2022. 

Sementara itu video yang diunggah pada akun facebook Rismadi ternyata merupakan video yang dipotong dan bukan menampilkan video secara keseluruhan. 

Selain itu, fakta bahwa Jokowi adalah anak sulung dan satu-satunya putra dari pasangan Sujiatmi dan Widjiatno Notomiharjo juga menunjukkan bahwa klaim tentang kakak besar Jokowi sebagai sekjen partai komunis tidaklah benar. Silsilah keluarga Jokowi tidak memiliki hubungan dengan PKI 1.

Jadi, klaim ini dapat dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan dan tidak memiliki dasar yang kuat.

Referensi:

https://youtu.be/Gncp5EPaq4g?si=QtGjs6PxFupj-thZ