HUT ke 105 Damkar, Seluruh Damkar Se Provinsi Kaltim Ikuti Berbagai Lomba
Kabar Ibu Kota

HUT ke 105, Damkar Se Provinsi Kaltim Ikuti Berbagai Lomba

  • BALIKPAPAN - Kota Balikpapan menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 105 Pemadam Kebakaran (Damkar) Tingkat Provinsi Kal
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Kota Balikpapan menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 105 Pemadam Kebakaran (Damkar) Tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Tahun 2024.

Kegiatan rutin setiap tahun ini diikuti seluruh Kabupaten Kota Provinsi Kaltim dan akan berlangsung pada tanggal 5-8 Maret 2024, dengan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan untuk memeriahkan peringatan HUT ke 105 Damkar.

Kontingen dari kabupaten kota seluruh Kaltim di sambut langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Balikpapan H Muhaimin, dengan menggelar apel pembukaan peringatan HUT ke 105 Damkar yang di laksanakan di Balikpapan Sport Convention Center (BSCC) DOME, pada hari Selasa, 5 Maret 2024 sore.

Kepala Damkar Kota Balikpapan, Uzman Ali mengatakan kegiatan HUT ke 105 Damkar diawali dengan apel pembukaan yang saat ini telah berlangsung. 

Mulai hari Rabu dan Kamis (6-7 Maret 2024) akan ada skill kompetisi yakni lomba yang akan menguji kecepatan dan ketepatan petugas damkar dan lomba survival yang akan menguji ketangguhan petugas damkar terutama dalam daya tahan saat melakukan pemadaman dan penyelamatan.

Tak hanya itu, petugas damkar juga harus cerdas dalam melakukan tindakan terutama dalam melakukan penyelamatan harta benda maupun manusia, sehingga dilakukan lomba cerdas cermat. 

BACA JUGA:

"Ada juga rangkaian lomba untuk Satuan Pendidikan Aman Bencana, di mana ini merupakan lomba api dini sebagai cikal bakal sehingga bisa melakukan pemadaman secara mandiri," ucapnya kepada media.

Terdapat pula kegiatan lomba menggambar yang diperuntukkan anak-anak tingkat TK usia 5-6 tahun, dengan tujuan untuk memberikan rasa kecintaan damkar. 

"Anak-anak sejak dini diperkenalkan bagaimana petugas damkar ini punya tugas yang sangat mulia, yang mana tugas mempertaruhkan nyawa, keringat dan tenaga ekstra untuk melindungi masyarakat Kota Balikpapan dari ancaman kebakaran dan ancaman bencana lain,” urainya.

Peringatan HUT ke 105 Damkar juga akan dirangkai dengan seminar dan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda), untuk membahas damkar di Kaltim pada tahun 2024. 

"Damkar seperti apa, terutama di Kaltim telah ditetapkan sebagai Ibu Kota pastinya tugas dan peran damkar dibutuhkan sekali dalam menjaga kota ini untuk lebih aman lagi," terangnya.

Selanjutnya, gala dinner akan diikuti semua kontingen dari kabupaten kota dan pejabat dari forkopimda provinsi, dan kota termasuk kepala dinas. 

"Kegiatan ditutup dengan apel bersama. Sekitar 800 personil akan mengikuti apel. Kegiatan difokuskan di BSCC, hanya Rakorda yang berlangsung di Hotel Horison," jelasnya. (*)