Sudirman Djayaleksana
Kabar Ibu Kota

HUT ke 127, Ada Apa di Kota Balikpapan

  • BALIKPAPAN - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 127 Kota Balikpapan, Pemerintah Kota (Pemkot) akan menggelar berbagai rangkaian kegiata
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 127 Kota Balikpapan, Pemerintah Kota (Pemkot) akan menggelar berbagai rangkaian kegiatan.

Diawali dengan melaksanakan upacara pada tanggal 10 Februari 2024 yang digelar di Halaman Balikpapan Sport Convention Center (BSCC) DOME. Tahun ini berbeda dari sebelumnya. "Upacara sebelumnya di Lapangan Merdeka," jelas Ketua Panitia HUT ke 127 Kota Balikpapan, Sudirman Djayaleksana, pada hari Kamis 11 Januari 2024.

Perayaan HUT ke 127 Kota Balikpapan dengan menggelar tabligh Akbar yang dirangkai dengan doa bersama. "Doa bersama berharap selama rangkaian kegiatan pemilu, Kota Balikpapan aman dan kondusif," ucapnya.

Ya, memang HUT ke 127 Kota Balikpapan pada tanggal 10 Februari 2024, berdekatan dengan agenda nasional lima tahunan yakni Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

BACA JUGA:

"Jadi pada tanggal 11-13 Februari 2024 masa tenang jadi tidak boleh ada kegiatan. Kita mengikuti jadwal kalender dari KPU. Kita harus menyikapi dengan mengikuti agenda nasional," terangnya.

Untuk puncak perayaan akan menggelar pesta rakyat yang akan dilaksanakan di sepanjang Jalan Ruhui Rahayu Kelurahan Sepinggan Kecamatan Balikpapan Selatan. 

"Jadi dua jalur Ruhui Rahayu akan kita tutup, satu sisi parkir dan satu sisi tempat makanan," imbuhnya.

Konsep pesta rakyat yang diinisiasi Pemerintah Kota Balikpapan dengan menyiapkan makanan gratis untuk 18 ribu porsi dengan mengandeng Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) disepanjang Jalan Ruhui Rahayu.

"Kita tutup dari PDAM sampai Kantor PKK, dipinggir  jalan itu akan ada makanan. Jadi masyarakat datang makan kemudian langsung menuju DOME, akan ada puncak acara hiburan rakyat. Jadi pesta rakyat disanding hiburan rakyat," paparnya.

Pelaksanaan Pesta rakyat tersebut rencananya antara minggu ketiga bulan Februari dan minggu pertama bulan Maret 2024. Pasalnya, di bulan Maret 2024 memasuki bulan ramadhan, sehingga  sudah tidak ada lagi rangkaian kegiatan HUT ke 127 Kota Balikpapan.

"Itu puncak acara rangkaian HUT ke 127 Kota Balikpapan, karena tanggal 9 atau 10 Maret 2024 sudah memasuki bulan puasa," ungkapnya.

Sebelum melaksanakan upacara HUT ke 127 Kota Balikpapan diawali dengan Rapat Paripurna DPRD Balikpapan pada tanggal 8 atau 9 Februari 2024. (***)