HUT ke 127 Kota Balikpapan, Gerakan Pramuka Kwarcab Balikpapan Gelar Senja pada Sabtu 10 Februari 2024
Daerah

HUT ke 127 Kota Balikpapan, Gerakan Pramuka Kwarcab Balikpapan Gelar Senja

  • BALIKPAPAN - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 127 Kota Balikpapan Tahun 2024, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab)
Daerah
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 127 Kota Balikpapan Tahun 2024, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Balikpapan menggelar upacara penurunan bendera, di halaman Balikpapan Sport Convention Center (BSCC) DOME, pada Sabtu petang, 10 Februari 2024.

Sebagai pembina upacara Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas'ud. Upacara di ikuti seluruh kwartir cabang Se Kota Balikpapan.

Sebelum melaksanakan upacara bendera, berbagai rangkaian kegiatan dilaksanakan. Yang dimulai dari pelantikan pramuka Garuda angkatan I Tahun 2024 sebanyak 

Dilanjutkan dengan penyerahan dana operasional sebesar Rp 50 juta kepada seluruh enam kwartir ranting Se Kota Balikpapan dari kwartir cabang kota Balikpapan. 

Kemudian, penyerahan  penghargaan kepada kakak pembina sekaligus pelatih, atas pengabdian dan dedikasinya kepada gerakan pramuka kwartir cabang Kota Balikpapan sebanyak 10 orang.

Terdapat pula atraksi senam semaphore yang diikuti 200 adek-adek pramuka siaga dan penggalang dari gabungan enam kwartir cabang se Kota Balikpapan.

Wali Kota Balikpapan berpesan agar jiwa pramuka harus ditanamkan pada anak-anak generasi muda Kota Balikpapan.

BACA JUGA:

"Pramuka banyak manfaatnya dari segi mental, moral, ketekunan dan  yang paling utama rasa gotong royong dan persahabatan sesama anak-anak kita di pramuka yang sangat luar biasa ini," jelasnya kepada media usai upacara.

Rahmad  berharap ini berkelanjutan terus dan dirinya sebagai Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Balikpapan mengucapkan terima kasih kepada kwarcab yang telah membina anak-anak.

HUT ke 127 Kota Balikpapan, Gerakan Pramuka Kwarcab Balikpapan Gelar Senja

"Pemerintah juga memberikan dana pembinaan hibah untuk gerakan pramuka. Ini bentuk kepedulian terhadap pramuka," ucapnya.

Pramuka ini bisa membantu pemerintah di dalam berbagai hal, baik bencana termasuk kegiatan sosial. "Pramuka selalu dilibatkan," ujarnya.

Mengingat, kwartir cabang kota Balikpapan telah memberikan banyak prestasi baik di tingkat regional dan nasional. Bahkan, gerakan Pramuka kwarcab Balikpapan sebagai Pramuka tergiat Se Kaltim. Sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah dengan memberikan dana hibah untuk kegiatan pramuka untuk turut serta membantu pemerintah. "Itu bentuk awards kita," tegasnya. (*)