Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Andi Singkeru
Penajam

HUT ke-62 SMPN1 Penajam, Pemkab PPU Tekankan Pembangunan Peradaban Bangsa

  • Pendidikan memiliki peran penting dalam pengembangan sumber daya manusia dan peradaban bangsa.
Penajam
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PENAJAM – Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Andi Singkeru, mewakili Penjabat (Pj) Bupati PPU, menghadiri perayaan Gebyar Hari Ulang Tahun ke-62 SMP Negeri 1 Penajam yang berlangsung di aula pertemuan SMPN 1, PPU.  

Acara yang semula direncanakan berlangsung di lapangan terbuka akhirnya dipindahkan ke aula pertemuan SMP Negeri 1 Penajam, karena hujan. 

Dalam sambutannya, Andi Singkeru membacakan pesan dari Pj. Bupati PPU yang menekankan pentingnya pendidikan sebagai pilar pembangunan peradaban bangsa. 

“Pendidikan memiliki peran penting dalam pengembangan sumber daya manusia dan peradaban bangsa. Oleh karena itu, kita perlu memiliki sistem pendidikan yang mantap untuk menghadapi tantangan zaman dan memenuhi kebutuhan masyarakat,” kata Andi membacakan sambutan Pj Bupati PPU pada Senin 30 September 2024.

Ia menegaskan bahwa pemerintah terus berupaya meningkatkan pemerataan kesempatan belajar dan kualitas pendidikan di semua jenjang. 

"Pendidikan adalah usaha untuk mengembangkan potensi peserta didik agar mampu menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, serta memiliki akhlak mulia dan kesehatan jasmani dan rohani," jelasnya.

BACA JUGA:

Andi Singkeru juga menyoroti pentingnya implementasi kurikulum Merdeka Belajar dan Sekolah Laboratorium Pancasila sebagai bagian dari transformasi pendidikan. Menurutnya, hal ini sejalan dengan upaya mempersiapkan Generasi Emas untuk menyambut HUT Kemerdekaan ke-100 pada tahun 2045.

"Gebyar ini menjadi momen untuk menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme di kalangan insan pendidikan serta mempersiapkan Generasi Emas yang akan menjadi hadiah Ulang Tahun Kemerdekaan ke-100 pada tahun 2045," tambahnya.

Di akhir sambutannya, Andi Singkeru mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-62 kepada SMP Negeri 1 Penajam dan berharap agar seluruh warga sekolah terus mendorong pengembangan potensi serta menjadi sekolah unggulan di Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Semoga momentum ini menjadi motivasi untuk memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan pendidikan di Kabupaten Penajam Paser Utara,” tutupnya.

HUT SMPN 1 Penajam dihadiri sejumlah tokoh penting seperti Kepala Dinas Perikanan, Kepala Badan Kesbangpol, unsur Forkopimda, tokoh agama, serta tokoh masyarakat menambah kemeriahan suasana. (Adv/Diskominfo PPU)