Gubernur Kaltim Isran Noor
Kabar Ibu Kota

HUT Ke 65, Isran Berharap IKN Bawa Pemerataan Pembangunan

  • IBUKOTAKINI.COM – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 65 Provinsi Kalimantan Timur jadi momentum memotivasi untuk bekerja keras membangun negeri. Gubernur
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 65 Provinsi Kalimantan Timur jadi momentum memotivasi untuk bekerja keras membangun negeri. 

Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor mengajak seluruh pihak bersama-sama membangun daerah menuju Kaltim kuat dan berdaulat.

"Memang tiga tahun terakhir ini hanya tingkat kematian ibu melahirkan dan kematian bayi di atas nasional. Namun, tingkat atau indeks pembangunan lainnya Kaltim meningkat di atas nasional. Ke depan perlu kerja bersama membangun daerah, menuju Kaltim kuat dan berdaulat," tutur Isran Noor ketika Rapat Paripurna ke 2 DPRD Kaltim dengan agenda Peringatan HUT ke 65 Provinsi Kaltim, di Hotel Mercure Samarinda, dipimpin Ketua DPRD Kaltim H Makmur HAPK, Jumat, (7/1/2022).

Bagi Isran, prestasi yang sudah dicapai seperti meningkatnya pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata Nasional sebesar 4,51 persen menjadi Rp122,24 triliun pada kuartal III 2021 dibanding kuartal yang sama tahun sebelumnya. 

Sedangkan menurut PDRB atas dasar harga berlaku perekonomian di Kaltim sebesar Rp179,09 triliun.

Kemudian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di papan atas, yakni ketiga nasional di bawah DI Yogyakarta dan DKI Jakarta. Dari sisi pendidikan, Kaltim telah menganggarkan Beasiswa Kaltim Tuntas (BKT) sebesar Rp160 miliar dan telah disalurkan kepada para penerima BKT tahun 2021. Sedang tingkat kemiskinan Kaltim jauh dari nasional.

“Karena itu, kami bersyukur atas dukungan masyarakat, terutama para anggota DPRD Provinsi Kaltim, DPR RI, DPD RI. Ke depan tantangan semakin besar, maka diperlukan kerja bersama menuju Kaltim kuat dan berdaulat,” harapnya.

Dukungan itu lanjutnya, bagaimana seluruh masyarakat bersama-sama meningkatkan kualitas kemampuan yang dimiliki. Apalagi Kaltim telah ditetapkan sebagai ibu kota negara (IKN) baru, tentu harus didukung kerja sama yang kuat. Meningkatkan produktifitas, sehingga bisa mengakses kepentingan lingkungan dan kemakmuran bersama.

“Kita harap IKN membawa perubahan besar dalam pemerataan pembangunan di Tanah Air, khususnya Kaltim. Maju, tumbuh menatap masa depan yang gemilang,” jelas Isran.

Hadir Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi secara virtual, Sekdaprov Kaltim HM Sa’bani, seluruh Kepala OPD Pemprov Kaltim, Bupati/Wali Kota se Kaltim, Forkopimda Kaltim serta Anggota DPRD Kaltim. Termasuk Anggota DPR RI, DPD RI asal Kaltim serta tokoh masyarakat Kaltim.