PLT Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimulyono membuka IKN Expo dan Forum Investasi Kabupaten Penajam Paser Utara 2024.
Penajam

IKN Expo dan Forum Investasi, Tingkatkan Ekonomi Kabupaten PPU

  • Forum investasi berlangsung selama 4 hari.
Penajam
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Plt. Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Basuki Hadimuljono, secara resmi membuka acara IKN Expo dan Forum Investasi Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) 2024. 

Acara yang berlangsung di Halaman Stadion Panglima Sentik ini akan digelar selama empat hari, hingga 18 Agustus mendatang.

Dalam sambutannya, Basuki menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan IKN Expo 2024. Ia juga menegaskan pentingnya peran PPU sebagai daerah penyangga utama IKN Nusantara.

"Saatnya PPU bangkit dengan adanya IKN. PPU sebagai serambi Nusantara dan penyangga utama bagi IKN. Pertumbuhan ekonomi di PPU saat ini mencapai 15 persen, jauh lebih tinggi dari rata-rata nasional," ujar Basuki.

Pj. Bupati PPU, Makmur Marbun, dalam kesempatan yang sama, menyatakan bahwa IKN Expo ini merupakan bukti nyata komitmen pemerintah dalam mempromosikan kemajuan dan potensi daerah PPU.

"Tidak hanya sebagai ajang pameran, IKN Expo juga menjadi wadah untuk mempererat kerja sama antara pemerintah, swasta, dan masyarakat," jelas Makmur.

Makmur juga melaporkan realisasi investasi di PPU tahun 2023 mencapai Rp1,6 triliun dari target Rp2 triliun lebih, atau sekitar 81,85 persen. 

Sementara itu, target investasi tahun 2024 sebesar Rp2,552 triliun, dan hingga triwulan II telah terealisasi sebesar Rp1,66 triliun atau 65,29 persen.

"Dengan acara ini, harapan kami adalah mewujudkan visi besar untuk membangun Kabupaten PPU yang modern, inklusif, dan berkelanjutan. Terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk menyukseskan acara ini. Sinergi antara pemerintah pusat, provinsi, daerah, dan masyarakat adalah kunci keberhasilan bersama," tutup Makmur. ***